alexametrics

Petugas Gabungan Terus Mencari Pekerja Bangunan yang Tertimbun Longsor Talut di Karanganyar

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Karanganyar – Tubuh pekerja bangunan yang tertimpa longsor talut dan terseret aliran Sungai Siwaluh di Tegalgede, Karanganyar kota, belum ditemukan hingga pagi ini (16/11/2021). Proses pencarian korban, Sastro Setu, 60, masih dilakukan melibatkan tim gabungan dari TNI, Polri, Basarnas, BPBD dan relawan di Karanganyar.

Komandan Basarnas Kota Solo Arief Sugiarto mengungkapkan, dalam pencarian korban yang merupakan warga Melikan, Popongan, Karanganyar kota itu, tim dibagi menjadi tiga titik.

“Kita bagi tiga tim untuk pencarian hari kedua ini. Yakni tim A, B, dan C. Masing-masing kita bagi di tiga tempat dan melakukan tugas berbeda,” kata Arief.

Diungkapkan Arief, tim A melakukan pencarian di titik awal di mana Sastro Setu hilang. Kemudian tim kedua atau B akan melakukan penyisiran dari titik pertama ke titik ketiga. Selanjutnya, tim C akan melakukan penjaringan di lokasi yang sudah ditentukan sebelumnya.

Baca juga:  Kemenkumham Jateng Dampingi Pemkab Karanganyar Wujudkan Teh Kemuning sebagai Indikasi Geografis

“Masih menggunakan sistem secara manual, karena lokasi tidak memungkinkan untuk menggunakan alat berat. Kemudian fokus pencarian kita lakukan dengan mengangkat kembali sejumlah bangunan material, yang sebelumnya dibuang di dekat di mana Survivor hilang,” terangnya.

Lantaran kondisi debit air sungai mengalami peningkatan, tim gabungan dalam melakukan pencarian wajib menggunakan pelampung.

“Sejak kemarin debit air mengalami peningkatan. Ada petugas yang juga kami siagakan di atas untuk mengantisipasi luapan air. Dan untuk tim gabungan yang melakukan pencarian, kami wajibkan untuk membawa pelampung,” tambah Kepala Pelaksanan Harian (Kalakhar) BPBD Karanganyar Bagoes Darmadi. (rud/ria)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya