Pemkab Pekalongan Ajak Pramuka Berwirausaha

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kejen – Pemkab Pekalongan mengajak Pramuka berwirausaha. Sehingga ke depan tidak lagi hanya bergantung pada dana hibah APBD. Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah dan Naker (Dinkop UMKM dan Naker) diminta memfasilitasi. Tahap pertama akan menggelar pelatihan usaha.

Pemkab berharap pramuka Kabupaten Pekalongan bisa mandiri berwirausaha. Sebab saat ini pramuka masih bergantung pada dana hibah APBD. “Hibah itu memang sah kami berikan untuk Pramuka,” kata Sekda Kabupaten Pekalongan Yulian Akbar.

Akan tetapi, kata dia, pramuka akan lebih baik jika bisa mandiri. Kultur Kabupaten Pekalongan, lanjut Akbar, kental dengan dunia usaha. “Pramuka kami harapkan bisa memupuk kultur itu,” ucapnya.

Untuk mendukung wacana itu Akbar meminta Dinkop UMKM dan Naker memfasilitasi. Dinas tersebut sudah banyak menggelar pelatihan wirausaha.

Baca juga:  Makam Mandurorejo Dipagar

“Ada banyak, nanti tinggal diikuti dan disesuaikan mana yang pas,” ujar Akbar.

Dinkop-UMKM dan Naker juga memiliki jaringan kerja yang luas. Akbar menyebut, salah satunya dengan Pusat Layanan salah satu e-commerce di UMKM Center Kedungwun. “Nanti tinggal kita sinergikan saja dengan program-program Pemkab Pekalongan,” tandasnya. (nra/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya