alexametrics

Kades Kabonagung Diberhentikan Sementara

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kajen – Pemkab Pekalongan memberhentikan sementara Kepala Desa (Kades) Kabonagung Andi Kristiyanto. Hal itu buntut dari kasus Andi yang pernah memberhentikan beberapa perangkat desanya secara sepihak.

Andi diberhentikan sementara melalui Surat Keputusan (SK) Bupati Nomor 140/373 tahun 2022. Pemberhentiannya terhitung per Rabu (10/8) lalu. “Iya, diberhentikan sementara selama dua bulan,” kata Camat Kajen Agus Purwanto.

Rapat pemberhentian Andi digelar di Kantor Kecamatan Kajen, Kamis (11/8). Sedianya Andi diundang untuk menerima Surat Keputusan (SK) pemberhentiannya. Namun ia tak hadir. Hingga rapat selesai, tak ada konfirmasi dari Andi soal ketidakhadirannya. “Tapi SK sudah kami kirim dan diterima yang bersangkutan,” ujar Agus.

Pemberhentian Andi bermula dari kasusnya memberhentikan beberapa perangkat desa pada 2020 lalu. Ia melakukan itu secara sepihak karena tak menggunakan surat rekomendasi dari camat. Dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Inspektorat Kabupaten Pekalongan, Andi disebut melakukan pelanggaran administrasi berat.

Baca juga:  Belajar Nyetir, Tabrak Tiga Pelajar, Satu Tewas

Agus menjelaskan, Inspektorat juga telah memerintahkan Andi untuk mencabut keputusan pemberhentian perangkat desa itu. Pemkab bersama kecamatan telah melakukan berbagai pendekatan kepada Andi. Bahkan sampai muncul teguran kedua.

“Tapi Kades Kebonagung tidak mengindahkan itu, sehingga sanksi pemberhentian ini diterbitkan,” jelasnya.

Selama masa pemberhentian, gaji atau penghasilan tetap (siltap) bagi Andi hanya akan diberikan sebesar 50 persen. Posisi Andi sementara akan diisi oleh Pelaksana Tugas (Plt). “Saya (camat) yang diberi wewenang untuk menunjuk Plt nanti,” tandasnya.

Sementara itu Andi Kristiyanto hingga siang kemarin sama sekali belum memberi tanggapan soal pemberhentiannya ini. Wartawan koran ini sudah mengirim pesan WhatsApp untuk meminta tanggapan. Namun Andi hanya membaca pesan itu tanpa respon. (nra/zal)

Baca juga:  Berhasil Tebak PIN ATM Korban, Tarik Rp 18 Juta

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya