alexametrics

Tentara Jadi Guru 60 Menit, Siswa Antusias

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kajen – Siswa SDN 02 Galangpengapon, Kecamatan Wonopringgo, antusias diajar oleh tentara. Bahkan para siswa berharap Babinsa Kodim 0710/Pekalongan tersebut, mengajar lagi.

Suasana ceria dan gembira terlihat saat Serka Sapto Nugroho memberi pembelajaran anak-anak SDN 02 Galangpengapon, selama 20 menit pada Selasa (2/8).

Begitu masuk kelas, para siswa tampak antusias. Tak ada raut muka ketakutan. Suasananya makin riang ketika Serka Sapto Nugroho mengajak mereka mengikuti lagu yang ia nyanyikan.

Siji..loro..telu, astane sedaku, meringke Bu Guru (satu dua tiga, tangan rapi di meja, mendengarkan Ibu Guru,” Sapto bernyanyi diikuti siswa kelas V.

Lagu itu, kata Sapto, merupakan lagu Jawa kuno bernuansa edukasi. Ia pun tak tahu siapa penciptanya. Lagu itu ia bawakan dengan harapan membentuk karakter siswa.

Baca juga:  PRK Sepi Transaksi, Ramai Tawuran

“Iya, ini memang dalam rangka kami membentuk sikap siswa. Kami juga berikan materi soal wawasan kebangsaan,” katanya.

Ia mengatakan, para siswa tampak antusias. Di tengah kegiatan belajar mengajar, banyak yang mengajukan pertanyaan. Suasana menjadi hidup.

“Pertanyaannya sederhana-sederhana. Tapi mereka mau bertanya itu kan sudah bagus, sudah berani. Mungkin karena suasananya cair,” ucapnya.

Sapto juga sempat menanyakan cita-cita para siswa. Ia terkejut karena mayoritas menyebut ingin menjadi ustadz dan ustadzah.

“Bagi saya itu tidak seperti anak-anak kebanyakan. Biasanya kan milih jadi dokter, polisi, tentara dan lain-lain. Tapi ada beberapa yang ingin jadi tentara,” ceritanya.

Saat waktu pengajaran habis, kata Sapto, para siswa tampak belum puas. Para siswa ingin Sapto terus mengajar.

Baca juga:  Labeli Kendaraan dan Rumah Pemudik

“Yang kelas lain sampai menonton dari jendela dan ada yang ikut-ikut bernyanyi. Saya juga senang lihatnya,” ungkapnya. (nra/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya