alexametrics

Fadia Luncurkan Jembatan Digital di Lebakbarang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kajen – Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq meluncurkan ‘Jembatan Digital’ di wilayah Kecamatan Lebakbarang. Panjangnya mencapai 51 kilometer. Ada 11 kantor desa, empat sekolah, satu kantor kecamatan, dan satu puskesmas yang terfasilitasi dengan jaringan ini.

Peresmian Penggelaran dan Integrasi Jaringan Fiber Optic (FO) itu diselenggarakan di Balai Desa Lebakbarang, Kecamatan Lebakbarang, Rabu (3/8).

Lebakbarang merupakan salah satu kecamatan di wilayah dataran tinggi Kabupaten Pekalongan. Fadia menggadang-gadang hadirnya jembatan digital ini akan memenuhi kebutuhan internet warga Lebakbarang.

“Saya bahagia dan bangga dengan terbangunnya jaringan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di wilayah Kecamatan Lebakbarang. Ini menjadi optimisme baru bagi kami,” kata Fadia.

Baca juga:  Cuaca Buruk, Jalur Doro-Petungkriyono Longsor Parah

Jembatan digital ini hasil kerja sama antara Pemkab Pekalongan dengan Kementerian Kominfo dan Icon Plus (anak perusahan PT PLN). Fadia menyampaikan terima kasih karena telah membuka jaringan FO sepanjang 51 kilometer.

Empat sekolah yang terfasilitasi hadirnya jaringan FO ini yaitu, SMP Negeri 1 Atap Bantarkulon, SMK 1 Lebakbarang, SMP 1 Lebakbarang, SMP 1 atap Timbangsari. Fadia berharap ke depan lebih banyak lagi jaringan TIK terbangun di wilayah kecamatan lain.

“Dari segi pendidikan saja ini bermanfaat, banyak anak yang terbantu. Saya berharap akan ada banyak lagi dan di kecamatan lainnya,” harap Fadia.

Dari segi pemerintahan, lanjut Fadia, jembatan digital ini akan mempermudah dan mempercepat informasi. Pemerintah desa juga akan lebih mudah mempromosikan potensinya.

Baca juga:  Tokoh Lintas Agama Doakan Kota Santri Makmur Sejahtera

“Desa ini mempunyai keunggulan wisata, bisa dikembangkan melalui internet. Kita bisa meng-upload, mempromosikan desa kita. Sehingga masyarakat luar tahu kalau berkunjung ke Kabupaten Pekalongan harus datang ke Lebakbarang untuk melihat keindahannya,” ungkap Fadia.

Selain itu, di era transaksi digital ini, Fadia yakin para pengusaha dan masyarakat akan terbantu dengan jembatan digital. Pengusaha-pengusaha akan tambah bersemangat memasarkan produknya dengan kehadiran jaringan FO ini.

“Dengan adanya fiber optic ini, saya berharap ekonomi Lebakbarang meningkat. Pemerintah sudah menyediakan sarananya, tinggal warga yang memanfaatkan dengan optimal. Ekonomi harus jalan, anak-anak sekolahnya tambah semangat, dan juga wisatanya dikembangkan,” ujar Fadia.

Peluncuran jembatan digital kemarin, juga dihadiri Koordinator Infrastuktur Telekomunikasi Pita Lebar SInggih Yumawan, Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Pekalongan Trisno Suharsanto, Plt Kepala Dinkominfo Anis Rosidi, kepala-kepala OPD, dan Kabag Prokompim R. Handy Artawan beserta Kabag terkait lainnya.

Baca juga:  Empat Kali Beraksi, Begal Payudara Dibekuk

Selain itu, acara juga dihadiri para camat se-Kabupaten Pekalongan, Kapolsek, dan Danramil Lebakbarang, Kades se-Kecamatan Lebakbarang, dan tamu undangan lainnya. (nra/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya