alexametrics

Ribuan Warga Ngalap Delapan Gunungan Hasil Bumi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kajen – Ribuan warga Desa Gandarum, Kajen, Kabupaten Pekalongan, ngalap berkah berebut delapan gunungan hasil bumi dalam Tradisi Legenonan Kamis (30/6). Semua hasil bumi ludes tak tersisa dalam sekejap.

Sejak pukul 07.00, jalanan Desa Gandarum sudah ramai orang. Warga dari desa-desa sekitar Gandarum pun ikut hadir. Gunungan-gunungan hasil bumi sudah siap sejak malam. Ada delapan, sesuai jumlah dusun di Gandarum.

Gunungan hasil bumi itu kemudian diarak warga menuju balai desa. Bentuk dan isian gunungan beranekaragam. Paling banyak berisi palawija.

Kirab juga diiringi dengan pertunjukan kesenian budaya. Rombongan kirab mengenakan pakaian adat. Istri Wakil Bupati Pekalongan Widi Riswadi juga tampak ikut dalam rombongan.

Baca juga:  Aksi Sosial Munafah Diapresiasi IPEMI

Kepala Desa Gandarum Agus Suyudono mengatakan, tradisi itu kali pertama diselenggarakan secara besar. Sebelumnya sempat tertunda karena pandemi Covid-19.

InsyaAllah ke depan akan kami sampaikan begini setahun sekali,” ucapnya.

Ia menambahkan, tradisi Legenonan sebagai wujud syukur atas melimpahnya hasil bumi Desa Gandarum. Warga setempat percaya, berebut hasil gunungan itu merupakan cara untuk ngalap berkah.

“Dalam acara ini kami semua berdoa agar dihindarkan dari marabahaya,” ujarnya.

Anggota DPRD Provinsi Jateng Pujo Widiono yang hadir dalam acara mengatakan, pihaknya mengapresiasi warga Desa Gandarum yang masih melestarikan tradisi lokal. Pihaknya akan memberi dukungan untuk acara itu selanjutnya.

“Semoga bisa terus berlangsung dan Desa Gandarum gemah ripah lohjinawi,” tandasnya. (nra/zal) 

Baca juga:  Perbaikan Irigasi Digelontor Rp 195 Juta

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya