alexametrics

Enam Desa Masih Tergenang Rob

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KAJEN – Enam desa di Kabupaten Pekalongan masih tergenang rob. Sekitar empat ribuan jiwa terdampak. Namun belum ada yang mengungsi.

Menurut catatan PMI Kabupaten Pekalongan, enam desa itu di Kecamatan Tirto, Siwalan, dan Wonokerto. Di Kecamatan Tirto ada tiga desa tergenang, yakni Tegaldowo, Mulyorejo dan Karangjompo. Di Siwalan ada dua desa, Depok dan Blacanan. Sementara di Wonokerto hanya di Desa Wonokerto Kulon.

“Dalam catatan kami, ada sekitar 4000-an jiwa terdampak karena rumah-rumah mereka terendam,” kata Humas PMI Kabupaten Pekalongan Yuni Sari.

Pantauan wartawan Jawa Pos Radar Semarang kemarin, jalan utama Tegaldowo-Mulyorejo sudah tak ada genangan. Jalan ini, beberapa hari lalu tergenang karena meluapnya Sungai Meduri. Tapi, di gang-gang dua desa ini masih ada genangan.

Baca juga:  Tata Pola Tanam, Irigasi Dikeringkan 15 Hari

Salah seorang warga Mulyorejo Saniya Khikma mengatakan, genangan itu air yang tak bisa melaju lancar ke utara. Ketinggiannya bertambah tiap sore setelah waktu Ashar.

“Dari Ashar sampai Maghrib biasanya bertambah. Kedalamannya bervariasi, ada sebetis dan mata kaki orang dewasa,” ucapnya.

Rumah-rumah yang permukaannya rendah, kata dia, pasti tergenang air. Namun warga belum ada yang mengungsi hingga saat ini.

“Aktivitas tentu saja terganggu. Tapi kami tetap beraktivitas karena mau bagaimana lagi,” katanya. (nra/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya