alexametrics

Ada Sumber Air Asin di Petungkriyono, Warga Tak Ingin Jadi Objek Wisata

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kajen – Ada sumber air asin di Kecamatan Petungkriyono. Fenomena ini dianggap aneh, karena lokasinya di wilayah pegunungan. Warga setempat sangat menjaganya dan berharap tak menjadi lokasi wisata.

Lokasi sumber air asin itu berada di Dukuh Sipitis, Desa Kayupuring, Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan. Camat Petungkriyono Hadi Surono sudah merasakan langsung air itu. “Iya, rasanya memang asin,” katanya.

Berdasarkan cerita warga sekitar, kata dia, air asin di sana ada sejak dahulu. Sebelumnya bahkan memiliki tiga rasa. Yakni asin, tawar, dan asam.

“Namun yang air asam sudah tertutup longsor, dahulu,” jelasnya.

Sejak saat itu, warga sengaja tak mengekspose ke luar soal keberadaan sumber air asin itu. Dahulu, lanjut Hadi, warga memanfaatkannya untuk kebutuhan memasak. Kini warga sangat menjaganya dan berharap tak ada yang mengusik lokasi itu.

Baca juga:  Masa Tenang, Patroli di Pasar

“Dianggap kepunyaan leluhur yang harus mereka jaga,” ujar Hadi.

Hadi menambahkan, di sekitar lokasi terdapat curug (air terjun) yang masih alami. Di Dukuh Sipitis itu, kata dia, banyak potensi budidaya lebah madu dan gula aren.

Nah, kalau alamnya ini rusak, maka potensi itu juga akan rusak. Karena itu kami berharap lokasi ini jangan diapa-apakan. Biarkan seperti ini,” harapnya. (nra/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya