alexametrics

Pasar Kedungwuni akan Dibuka setelah Lebaran

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kajen – Lama tidak ada kejelasan kapan Pasar Kedungwuni beroperasi, Pemkab Pekalongan kembali menjadwalkan peresmian pasar tersebut setelah Lebaran.

“Setelah Lebaran ini akan kami resmikan,” tegas Bupati Pekalongan Fadia Arafiq usai menghadiri Rapat Paripurna DPRD, kemarin.

Tahun lalu, pedagang dan LSM sempat mendesak pemkab untuk segera membuka pasar terbesar di Kabupaten Pekalongan itu. Pemicunya yakni keluhan pedagang di pasar darurat dan kekhawatiran bangunan akan rusak karena lama menganggur. Mengingat pasar tersebut sudah 100 persen selesai dibangun. Secara fisik sudah siap ditempati.

Juli 2021 lalu, bupati bersama wakil dan jajarannya sempat meninjau kondisi fisik bangunan pasar. Kala itu Fadia sepakat dengan desakan para pedagang. Sebab bangunan memang sudah siap. Namun waktu itu, fasilitas pendukung seperti instalasi air, hidran, dan genset belum siap.

Baca juga:  Atasi Banjir Kabupaten Pekalongan, Datangkan Pompa dari Bandung dan Semarang

Akhirnya pemkab menjadwalkan peresmian pasar pada akhir 2021. Sebab pemenang lelang penggarap fasilitas pendukung itu baru bisa diumumkan setelah Agustus 2021. Tapi kenyataanya hingga kini Pasar Kedungwuni belum juga buka.

Kini, alasan pemkab menjadwalkan pembukaan Pasar Kedungwuni setelah Lebaran karena sedang memvalidasi data calon penghuni kios. Fadia menyebut, proses itu belum selesai. Pihaknya khawatir ada kerancuan data. Sebab ada temuan satu orang memiliki lebih dari satu kios.

“Ini masih kami cek ulang terus. Karena kami enggak mau kalau ada kasus begitu. Ini pasar rakyat, harus merata, tertib,” ujar Fadia.

Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Hindun pun menyambut baik rencana pemkab membuka Pasar Kedungwuni setelah Lebaran.  Pihaknya sebenarnya sudah meminta pembukaan dilakukan awal 2022.

Baca juga:  15 Pemain Lolos Seleksi Persekap

“Segera saja dibuka. Kalau perlu lebih cepat. Kalau nanti-nanti, kasihan juga pedagang terus berjualan di pasar darurat,” ujarnya. (nra/zal) 

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya