alexametrics

Inspeksi Bendera Merah-Putih dengan Gowes

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kajen – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pekalongan punya cara lain untuk menginspeksi kondisi bendera merah-putih di instansi-instansi. Mereka berkeliling dengan bersepeda. Kegiatan itu bernama “gowes kebangsaan”.

Inspeksi dimulai Jumat (25/3) lalu. Rutenya dari kantor Kesbangpol ke Desa Tanjungkulon – Sinangohprendeng- Kelurahan Kajen. Mampir ke kantor-kantor balai desa atau keluarahan, hingga ke sekolah.

“Kami cek, bagaimana instansi-instansi ini mengibarkan bendera merah-putih,” kata Kepala Bakesbangpol Kabupaten Pekalongan Haryanto Nugroho.

Sesuai kaidahnya, kata Haryanto, merah-putih dinaikkan pagi lalu diturunkan sore. Sebab pernah ada temuan, bendera masih di atas hingga malam.

“Bahkan menginap sampai pagi lagi. Itu mengapa kami inspeksi dengan gowes kebangsaan ini,” ucap Haryanto.

Baca juga:  Baru Tiga Bulan Sudah Ada 145 Pemohon Nikah Muda

Dari hasil gowes Jumat itu, memang tidak ada temuan. Namun, lanjut Haryanto, pemahaman secara spesifik tentang pengibaran bendera masih perlu edukasi. “Kami mampir ke instansi-instansi itu sekaligus mengedukasi,” jelas Haryanto.

Menurutnya, pengecekan dan edukasi seperti ini juga untuk mengantisipasi bendera cepat lusuh dan robek. Jika kebiasaan menginapkan bendera dibiarkan, bukan mustahil banyak merah-putih lusuh atau robek di instansi-instansi.

“Padahal jelas, jika robek itu ada padanya. Maka kami perlu antisipasi dengan kegiatan seperti ini,” tandas Haryanto. (nra/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya