alexametrics

Bawa Kopi Lokal Kabupaten Pekalongan Tembus Pasar Internasional

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kajen – DPRD Kabupaten Pekalongan bakal membawa produk kopi lokal tembus pasar internasional. Caranya dengan menggandeng Kementerian Perdagangan yang akan menghubungkan ke jaringan pembeli (buyer) kopi di luar negeri.

Agar terealisasi, perwakilan Kementerian Perdagangan didatangkan untuk membahas rencana tersebut. Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Pekalongan Candra Saputra mengatakan, langkah ini diambil demi mendorong produk UMKM kopi lokal ke pasar mancanegara. Ia mengaku itu murni inisiatifnya. Sejak covid pemasaran kopi lokal cenderung turun. “Kami coba bangkitkan dengan cara ini,” ucapnya.

Koordinator Bidang Pemasaran Melalui Sistem Elektronik (PMSE) Kementerian Perdagangan RI Agus Purwanto optimistis kopi lokal bisa bersaing di pasar ekspor. Pihaknya berjanji mencarikan buyer di negara tertentu. “Kami coba dulu agar bisa membantu produk UMKM menembus pasar internasional. Jika pembeli cocok, tinggal kami urus kerjasamanya,” tambahnya.

Baca juga:  Tunjangan Atlet dan Pelatih Rp 300 Juta

Penyuluh Ahli Muda Disperindag Kabupaten Pekalongan Wugiri mengatakan, sejauh ini baru bisa membantu pemasaran kopi lokal di level lokal. Misalnya, sudah mulai masuk toko atau swalayan ritel. Selain itu pihaknya juga mendorong pelaku usaha kopi mulai merambah ke berbagai platform marketplace.

“Itu pun belum semua produk karena ada ketentuan dari swalayan. Syukur ini ada sinyal baik dari kementerian yang akan bantu tembus pasar nasional maupun  internasional,” ujarnya. (nra/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya