alexametrics

Goreng Usek, Sekuintal Hanya Empat Jam

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KAJEN – Pemerintah Desa Paninggaran sedang kebut efisiensi produksi kerupuk usek. Alat penggorengan cukup canggih pun didatangkan. Dengan alat tersebut, menggoreng satu kuintal kerupuk hanya butuh waktu empat jam dan tanpa minyak.

Kerupuk usek merupakan salah satu produk andalan UMKM Desa Paninggaran, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan. Permintaan produk ini tinggi. Namun produsen di Paninggaran belum mengimbanginya dengan peningkatan produktivitas.

Kepala Desa Paninggaran Rusdiyono mengatakan, pihaknya tahun ini kembali memberikan bantuan alat penggorengan kerupuk usek kepada UMKM. Tahun sebelumnya sudah tiga unit. Tahun ini tambah dua unit.

“Karena testimoninya bagus dan membantu. Biasanya untuk menggoreng satu kuintal butuh waktu dua hari. Ini hanya empat jam,” jelasnya.

Baca juga:  Terjaring Yustisi, 18 Orang Positif

Alat itu wujudnya sederhana. Sekilas mirip mesin cuci laundry. Tapi tanpa penutup. Lubang di tengah alat itulah sebagai tempat menggoreng. Di bagian atas ada cerobong untuk keluar asap. Pembuat alat ini juga masih dari sekitar UMKM Paninggaran.

“Ini tanpa minyak. Jadi hanya menggunakan panas listrik,” ucap Rusdiyono.

Langkah Pemdes Paninggaran ini diapresiasi Ketua Dekranasda Kabupaten Pekalongan Ashraff Abu. Ia bahkan menyempatkan diri melihat alat tersebut ke Paninggaran pekan lalu. Ia mengaku terinsipirasi dan akan mengadopsi untuk membimbing UMKM desa lain.

“Ini akan kami jadikan contoh. Desa lain produknya apa, nanti akan kami dukung dan fasilitasi. Misalnya dengan alat-alat seperti ini,” katanya. (nra/ida)

Baca juga:  CAR BRI Solid di 24,54%, Kemampuan Tumbuh Berkelanjutan Semakin Kuat

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya