alexametrics

Poliklinik Paninggaran Tunggu Izin untuk Pengobatan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KAJEN – Desa Paninggaran kini punya poliklinik. Namun masih belum untuk pengobatan karena butuh perizinan. Poliklinik ini baru sebatas untuk kegiatan bersifat promotif (kampanye kesehatan) dan preventif (pencegahan penyakit).

Meski begitu, fasilitas ploklinik Desa Paninggaran, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan ini, cukup lengkap. Punya berbagai alat pengecekan medis, tiga tempat tidur (bed) pasien, hingga berbagai produk farmasi.

Ruangannya representatif, lengkap dengan kursi tunggu dan toilet. Lokasinya pun tepat di pinggir jalan utama Paninggaran.

“Kami juga sudah punya seorang bidan desa dan perawat untuk poliklinik ini,” kata Kepala Desa Paninggaran Rusdiyono.

Ia mengatakan, poliklinik ini memang belum untuk pengobatan. Untuk mencapai ke sana, kata dia, masih butuh perizinan panjang dari dinas terkait. Pihaknya belum merencanakan sejauh itu karena visi awal pendirian poliklinik tersebut memang untuk kampanye kesehatan dan pencegahan penyakit di masyarakat.

Baca juga:  Masih Ada Tempat Karoke Bandel

“Kami buka 24 jam. Poliklinik ini bisa menjadi kepanjangan tangan Pemda untuk sosialiasi program – program kesehatan ke tingkat desa,” ucapnya.

Poliklinik ini baru diresmikan kemarin oleh Bupati Pekalongan Fadia Arafiq. Ia mengaku kagum dengan inisiatif Pemerintah Desa Paninggaran membangun poliklinik tersebut.

“Desa lain mesti meniru langkah Pemdes Paninggaran. Saya lihat luar biasa sekali di level desa punya poliklinik begini. Saya minta ini buka setiap hari,” ungkapnya. (nra/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya