alexametrics

Pasar Wiradesa Masih Butuh Sentuhan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kajen – Pembangunan fisik Pasar Wiradesa sudah 100 persen. Namun Blok C masih butuh sentuhan. Tambahan akan segera dilakukan. Sebab, Pemkab Pekalongan akan meresmikan dan membuka pasar ini secepatnya pada 2022.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pekalongan Yulian Akbar menjelaskan, Blok C nantinya sebagai pasar basah. Masih butuh tambahan (pembangunan), karena blok ini akan menampung sedikitnya 478 pedagang. Pihaknya akan mengupayakan agar Blok C lebih nyaman.

“Terkait ini kami sedang ajukan ke Kementerian Perdagangan. Doakan Triwulan pertama tahun 2022 bisa terealisasi,” katanya usai mendampingi Dirjen Cipta Karya Kementrian PUPR meninjau konstruksi pasar, Sabtu (18/12) lalu.

Selain Blok C, lanjut Akbar, yang masih menjadi PR (pekerjaan rumah) Pemkab Pekalongan adalah menyiapkan ruang terbuka hijau (RTH). Akbar menyebut penyediaan RTH di Pasar Wiradesa masih terkendala proses pembebasan lahan. Ada 27 lahan milik warga yang belum selesai pihaknya proses.

Baca juga:  Bandel, Pemkab Pekalongan Tutup Usaha Jeans Wash

“Sekarang sudah tahap result. Semoga triwulan pertama 2022 selesai dan bisa kami jadikan RTH agar fasilitas pasar ini lengkap,” ungkapnya.

Pembangunan Pasar Wiradesa dimulai pada Januari 2021 lalu. Termasuk salah satu proyek strategis dengan total anggaran Rp 79 miliar. Pasar ini bakal menampung 1.994 pedagang. Pemkab Pekalongan menggadang-gadang sebagai pasar pencanangan yang dapat memantik laju perekonomian Kota Santri dan sekitarnya. (nra/zal)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya