alexametrics

Nataru, Vaksinasi Drive Thru di IBC

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kajen – Polres Pekalongan bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) akan menggelar vaksinasi drive thru pada Natal dan tahun baru. Pos vaksinasi ini berada di jalur Pantura, tepatnya di Internasional Batik Center (IBC), Wiradesa. Menyasar para pemudik yang hendak masuk ke kampung atau desa.

“Ini gagasan Polres Pekalongan, kami dukung. Vaksinnya sudah kami siapkan,” kata Kepala Dinkes Kabupaten Pekalongan Setiawan Dwi Antoro.

Kapolres Pekalongan AKBP Arief Fajar Satria mengungkapkan, vaksinasi drive thru ini, menyasar pemudik yang belum vaksin atau yang sudah namun baru dosis pertama. Mekanismenya, jelas dia, pengendara tak perlu turun dari mobil. Petugas yang akan mendatangi. Penyuntikan dilakukan di dalam mobil.

Baca juga:  Diganggu Tengkulak, Paguyuban Pecinta Kopi Lokal Minta Dewan Turun Tangan

“Syaratnya cukup menunjukkan KTP atau kartu vaksin bagi yang sudah mendapat dosis pertama,” jelasnya.

Ia menambahkan, petugas telah menyiapkan beberapa jenis vaksin. Sehingga bagi yang sudah vaksin dosis pertama bisa menyesuaikan jenis vaksin dosis kedua.

“Kami laksanakan dulu di satu titik, di IBC itu. Kalau sukses nanti bisa ke titik lain. Kami akan laksanakan sampai akhir Desember 2021 atau awal Januari 2022,” ucapnya.

Selain vaksinasi drive thru ini, Pemkab Pekalongan sebelumnya telah mengumumkan beberapa langkah antisipasi ledakan Covid-19 pada momen nataru ini. Di antaranya penutupan akses utama ke Alun-Alun Kajen dan pencatatan kedatangan pemudik oleh pemerintah desa. (nra/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya