alexametrics

Diganggu Tengkulak, Paguyuban Pecinta Kopi Lokal Minta Dewan Turun Tangan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kajen – Geliat tinggi budidaya kopi di Kabupaten Pekalongan terus diganggu tengkulak. Padahal sejauh ini sudah berangsur berkembang. Paguyuban pecinta kopi lokal meminta DPRD ikut turun tangan mencari solusi.

Kemarin paguyuban Cluster Kopi menemui Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Hindun. Mereka memaparkan berbagai permasalahan. Salah satunya persoalan tengkulak yang mengendalikan pemasaran.

“Mereka beli kopi basah dari petani dengan harga murah. Kemudian diproses, disimpan satu sampai dua bulan harganya jadi naik,” jelas Sekretaris Cluster Kopi Wanuri.

Tengkulak tak hanya datang dari lokal Kabupaten Pekalongan. Menurut Wanuri, mereka juga banyak berasal dari Batang hingga Temanggung. “Iya, mereka kulakan di sini,” ucapnya.

Wanuri menjelaskan, kedatangan Cluster Kopi ke DPRD untuk meminta solusi. Pihaknya berharap DPRD bisa menjembatani ke Pemkab Pekalongan untuk membuat sebuah aturan yang menghindarkan petani dari tengkulak.

Baca juga:  Korban Hanyut di Sungai Welo Ditemukan 4 Kilometer dari Titik Awal

“Selama ini masih pasar bebas. Kalau begini terus, petani tidak bisa menikmati hasil. Mereka yang semula bergeliat jadi loyo lagi,” terangnya.

Ia mengakui, produktivitas kopi di Kabupaten Pekalongan memang belum maksimal. Untuk 1 hektare kebun, hasil tak sampai 1 ton. Masih di kisaran 1-5 kuintal. Selain itu, varietas masih jelek.

“Karena itu kami butuh pendampingan dan edukasi bagi petani dari Pemda. Atau ada semacam koperasi untuk menampung hasil petani,” harapnya.

Menurut Wanuri, Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan merespons positif. Ia akan mengoordinasikan hasil pertemuan itu dengan OPD-OPD terkait. Seperti Dinas Pertanian dan Dinas Perdagangan.

“Arahan Bu Ketua DPRD kami tetap suruh fokus pembinaan. Nanti beliau akan mencoba menjembatani dengan pemkab untuk mencari solusi bersama,” paparnya. (nra/zal)

Baca juga:  Empat Kecamatan di Kabupaten Pekalongan jadi Calon Lokasi Sport Center

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya