alexametrics

Jalan yang Bertahun-Tahun Rusak dan Licin Kini Sudah Mulus

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kajen – Warga Desa Sengare dan Jolotigo, Kecamatan Talun, sedang senang-senangnya. Jalan yang bertahun-tahun rusak dan licin saat hujan kini sudah mulus. Kabar gembira juga mereka terima karena Pemkab Pekalongan akan melanjutkan perbaikan jalan hingga ke Kroyakan.

Gambaran rusaknya ruas jalan Sengare-Jolotigo bertahun-tahun lalu diungkapkan oleh warga setempat, Ani Fadilah, 40. Ia menggambarkan, dulu aspal jalan mengelupas. Konturnya bergelombang dan berlubang. Ia pernah menyaksikan ada mobil sedan tersangkut. Bagian bawah mobil terbentur batu dan selip tak bisa melaju.

“Kalau hujan malah aduhai licinnya. Sepeda motor tak jarang tergelincir,” terangnya.

Kesaksian rusaknya ruas jalan itu juga diungkapkan Bupati Pekalongan Fadia Arafiq. Saat melaksanakan kampanye Pilkada 2020 lalu di sana, Fadia punya kesan saat melintasi jalan itu. “Rusak sekali dan menurut saya sangat parah. Makanya saya janji akan perbaiki,” ujarnya.

Baca juga:  Bendera Merah Putih Raksasa Berkibar di Jembatan Tua

Perbaikan ruas jalan Sengare-Jolotigo akhirnya rampung pada awal Desember lalu. Fadia meresmikannya kemarin. Mendapat sambutan meriah dan antusias. Ratusan warga menunggu kedatangan Fadia di lokasi.

“Saya senang kalau melihat warga saya senang seperti ini. Saya ingin semua jalan Kabupaten Pekalongan layak,” ucapnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-Taru) Kabupaten Pekalongan Bambang Irianto menerangkan, ruas Sengare-Jalatigo ini, sebenarnya belum tuntas. Perbaikan baru sepanjang 1,254 kilometer. Hingga tuntas, perbaikan jalan ini memakan anggaran Rp 2,5 miliar.

“Kurang sekitar tiga kilometer lagi untuk sampai ujung Jolotigo. 2022 selesai,” terangnya.

Setelah Sengare-Jolotigo selesai, pihaknya akan melanjutkan pengerjaan jalan sampai ke Kroyakan. Itu diproyeksikan pada 2023. Warga meminta ada pelebaran di beberapa titik ruas yang masih sempit.

Baca juga:  Makam Mandurorejo Dipagar

“Tadi Ibu Bupati sudah oke, nanti yang sempit akan kami lebarkan. Tetapi sementara yang penting halus dulu,” tandasnya. (nra/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya