alexametrics

Wagub Terjatuh saat Pelatihan Siaga Bencana

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KAJEN – Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen tiba-tiba terjatuh saat membuka pelatihan siaga bencana di Markas PMI Kabupaten Pekalongan Rabu (24/11). Tamu undangan panik, relawan PMI tanggap menolong. Tapi bukannya kesakitan, Taj Yasin malah bertepuk tangan.

“Nggak apa-apa,” katanya sambil tertawa dan tepuk tangan. Ia menenangkan para relawan.

Ternyata Taj Yasin sengaja jatuh. Itu ia lakukan untuk mengetes kesigapan para relawan PMI yang hadir di acara. “Ternyata mereka sigap,” ucapnya.

Kedatangan Taj Yasin ke Markas PMI Kabupaten Pekalongan kemarin, selain membuka pelatihan siaga bencana juga untuk mengecek sarana dan prasarana.

Menurutnya, sarpras PMI Kabupaten Pekalongan sangat bagus. Ia juga mengaku terkesan dengan pelatihan siaga bencana. “Yang menarik, ada organisasi Santri Gayeng dari pesantren yang juga dilibatkan dalam pelatihan. Mereka diajak tanggap bencana,” ujarnya.

Ketua PMI Kabupaten Pekalongan Arini Harimurti mengatakan, pihaknya tak menambah jumlah relawan pada siaga bencana tahun ini. Sebab, kata dia, jumlah relawan 100-an lebih sudah memadai untuk penanganan bencana. “Tidak menambah, tapi kami libatkan Santri Gayeng. Ini mereka kami latih,” ungkapnya.

Selain melibatkan Santri Gayeng, PMI Kabupaten Pekalongan juga bergabung dengan berbagai wadah-wadah relawan lain. Seperti tahun-tahun sebelumnya, PMI akan siaga menangani bencana banjir, rob, tanah longsor, dan lain-lain.

“Harapannya tidak ada bencana. Tapi ini musim hujan. Biasanya daerah atas longsor, pesisir banjir dan rob. Ini kami siapkan relawan,” tandasnya. (nra/zal)

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya