alexametrics

Enam Bulan Kasus Narkoba Mendominasi di Kabupaten Pekalongan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kajen – Selama Mei-Oktober 2021, kasus narkoba masih mendominasi di Kota Santri. Dari 36 perkara yang telah berkekuatan hukum tetap (inkrah), 15 perkara di antaranya kasus narkoba.

Kemarin, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Pekalongan memusnahkan barang bukti (BB) 36 perkara tersebut. Semua BB itu mereka bakar. “Paling banyak kasus narkoba, disusul dengan kasus pencurian,” kata Kepala Kejari Kabupaten Pekalongan Abun Hasbullah Syambas, Kamis (11/11/2021).

Selain 15 kasus narkoba, di antaranya juga ada 7 kasus pencurian, 4 perkara yang dikenakan undang-undang (UU) kesehatan, 1 perkara UU Perlindungan Anak, 2 perkara jabatan, 2 perjudian, dan 2 dari kasus penipuan.

“Tuntutan hukum kepada tersangka ini bervariasi. Dari kasus narkoba rata-rata di atas empat tahun. Kalau pencurian, bergantung tingkat kesalahan,” jelas Abun.

Baca juga:  Pemalsu Celana Jins Cardinal Terancam Lima Tahun Penjara

Sementara itu Kapolres Pekalongan AKBP Arief Fajar Satria mengatakan, banyaknya BB kasus narkoba itu membuktikan peran aktif polisi dalam pemberantasan. Khususnya, peredaran obat-obatan terlarang. Pihaknya tetap butuh peran dan andil masyarakat memerangi narkoba.

“Dari total kasus narkoba, lebih banyak kategori psikotropika. Belum lama ini kami juga telah mengungkap peredaran obat-obatan terlarang dan sudah kami serahkan ke kejaksaan,” imbuhnya. (nra/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya