alexametrics

Tersapu Angin, Atap Terbang Timpa Rumah Lain

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kajen – Atap rumah terbang tersapu angin. Puing-puingnya menimpa rumah lain. Tak ada korban jiwa. Evakuasi baru bisa dilakukan sehari setelah kejadian.

Peristiwa terjadi pada Selasa (26/10). Sore itu sebagian wilayah Kabupaten Pekalongan hujan deras disertai angin kencang. Di jalan raya Karanganyar – Lebakbarang terjadi pohon tumbang. Juga di dua titik Kecamatan Kajen.

Peristiwa atap terbang ini terjadi di Desa Kayugeritan, Kacamatan Karanganyar. Rumah itu milik Zaenal Abidin, 50. Saat kejadian, ia dan penghuni lain tak berada di rumah. Puing-puing atap tersapu angin hingga kira-kira 50-an meter dan menimpa rumah tetangganya.

Kemarin (27/10), evakuasi baru bisa dilakukan. Itu karena usai kejadian cuaca tidak mendukung dan warga butuh alat berat. Koran ini menyaksikan proses evakuasi.

Atap rumah milik Zaenal Abidin itu bermaterial baja ringan. Itu yang menurut warga menjadi penyebab mudah tersapu angin. Apalagi, lokasi rumah ini berada di dekat sawah terbuka. Di belakangnya memang areal persawahan. “Saya pas tidak di rumah. Dapat kabar dari tetangga. Begitu pulang, kondisi rumah sudah tidak beratap. Benar-benar lepas dari bangunan,” kata Abidin.

Butuh alat berat untuk mengangkat puing-puing atap. Beruntung rumah yang tertimpa tidak mengalami kerusakan berarti. Warga ikut bergotong – royong mengangkati puing-puing itu. “Kerugian kurang-lebih Rp 20 juta,” jelas Abidin.

Kepala Desa Kayugeritan Mulyatno mengatakan, peristiwa terjadi kira-kira antara pukul 16.00-17.00. Pihaknya akan mencoba mengajukan permohonan bantuan dari Pemkab Pekalongan atas kejadian ini. “Tetapi saya tidak tahu bisa dapat atau tidak. Akan kami coba dulu,” ucapnya. (nra/ton)

 

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya