alexametrics

Junjang Adminduk Maju ke Top Ten KIPP

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kajen – Junjang Adminduk masuk ke seleksi Top Ten Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Jawa Tengah 2021. Itu adalah inovasi yang digagas Pemkab Pekalongan melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil).

Inovasi itu disebut-sebut cocok dengan kondisi geografis Kabupaten Pekalongan yang terdiri atas wilayah pegunungan dan pesisir.

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq mengatakan, Junjang Adminduk berbasis kewenangan desa. Pemerintah desa-lah yang menjadi fasilitatornya. Segala urusan pengadaan dokumen kependudukan bisa langsung dilakukan di kantor desa. Tak perlu datang ke kantor Dindukcapil.

“Inovasi ini intinya untuk mendekatkan pelayanan ke masyarakat. Masyarakat yang berada jauh di pegunungan atau di pesisir tak perlu mengurus ke Kajen,” jelasnya.

Baca juga:  Pasutri Bertarung di Pilkades

Fadia menambahkan, munculnya inovasi tersebut karena tiga masalah. Pertama, soal jauhnya jarak dari desa ke kantor Dindukcapil. Kedua, soal rumitnya pengurusan dokumen. Ketiga, soal masih banyaknya masyarakat yang tak bisa mengurus dokumen secara online.

“Jadi tak hanya mendekatkan, inovasi ini juga mempermudah,” ucapnya.

Ia menambahkan, banyak kabupaten lain yang telah mereplikasi inovasi Junjang Adminduk. Sebagain, kata Fadia, bahkan sudah berjalan dengan baik.

“Inovasi ini sudah masuk RPJMD teknokratis kami. Kami akan mudahkan pelayanan untuk masyarakat,” tandasnya. (nra/zal) 

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya