alexametrics

Siapkan Lahan 0,7 Hektare di Wiradesa untuk Relokasi Warga Simonet

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kajen – Pemkab Pekalongan sudah menunjuk calon lahan relokasi warga Simonet, Kecamatan Wonokerto. Letaknya di Kecamatan Wiradesa dengan luas 7.000 meter persegi atau 0,7 hektare. Jika lancar, pembangunan akan dimulai tahun 2022.

Semula, lahan relokasi sudah disiapkan tak jauh dari Dukuh Simonet. Yakni di Desa Semut, Kecamatan Wonokerto. Namun harus gagal karena lahan tersebut merupakan tanah aset desa. Peraturan mensyaratkan lahan relokasi harus tanah aset pemerintah daerah (pemda).

Plt Kepala Dinas Perkim-LH Kabupaten Pekalongan Murdiarso mengatakan, karena aturan itu akhirnya Pemkab Pekalongan mencari lahan lain. Inventarisasi lahan-lahan aset Pemkab dilakukan.

Dari identifikasi, akhirnya Pemkab menunjuk satu lahan di Kelurahan Pekuncen, Kecamatan Wiradesa, sebagai calon lokasi relokasi warga korban abrasi Simonet. “Letaknya di dekat Perum Wira Baru II,” katanya kemarin.

Baca juga:  Bambang Irianto Tetap Jabat Pj Sekda Kabupaten Pekalongan

Ia menjelaskan, dari sekian banyak tanah aset milik Pemkab, lahan itu lah yang paling memungkinkan. Sebab, lanjut dia, di sana bebas banjir dan masih relatif dekat dengan Simonet.

Selain itu, luas lahannya memadai dan sesuai kriteria tata ruang untuk didirikan permukiman. “Mayoritas warga Simonet bermata pencarian nelayan. Lokasi lahan ini tak begitu jauh dari laut,” ucapnya.

Pekan lalu, pihaknya melakukan sosialisasi kepada warga. Menurutnya, warga bersedia direlokasi ke Wiradesa karena Simonet sudah tak layak huni karena terkikis abrasi. Kini pihaknya sedang menyusun berita acara terkait itu dan menyiapkan kelengkapan berkas untuk diajukan ke pemerintah pusat. “Jika lancar, perkiraan 2022 sudah mulai pembangunan fisik,” tandasnya.

Baca juga:  Puskesmas Doro II Sudah Sesuai Standar, Satu Ruang untuk Satu Pelayanan

Hingga kemarin sore, Jawa Pos Radar Semarang belum bisa mendapat pernyataan dari warga. Namun dari beberapa wawancara sebelumnya, warga selalu menyatakan siap direlokasi. Bahkan sudah sangat menanti-nanti. (nra/ton)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya