alexametrics

Tren Covid-19 Turun, Jadi Kado Istimewa

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kajen – Peringatan Hari Jadi ke-399 Kabupaten Pekalongan masih dalam suasana pandemi. Namun dalam beberapa hari terakhir tren kasus covid-19 di Kabupaten Pekalongan kian menurun. Per 23 Agustus 2021 lalu, hanya ada tujuh kasus. Pemkab Pekalongan mensyukuri ini sebagai kado ulang tahun istimewa.

Sejak Fadia-Riswadi dilantik sebagai bupati dan wakil bupati Pekalongan pada Juni 2021 lalu, mereka langsung tancap gas fokus penanganan covid-19. Edukasi protokol kesehatan, pengetatan pembatasan kegiatan masyarakat, hingga vaksinasi digenjot. Kasus covid-19 sempat membeludak pada awal Agustus 2021. Angka tertinggi mencapai 268 kasus. Namun tren harian berangsur menurun hingga pada 23 Agustus 2021 hanya ada tujuh kasus.

Baca juga:  Kejari Kabupaten Pekalongan Kejar Empat Buron Penerima Aliran Dana Bantuan Covid-19 untuk TPQ-Madin

Kado istimewa pada Hari Jadi ke-399 tak hanya itu. Angka kesembuhan yang semula di kisaran 80-an persen, per 23 Agustus 2021 menjadi 91,07 persen. Pada hari yang sama, BOR Isolasi di rumah sakit-rumah sakit seluruh Kabupaten Pekalongan turun menjadi 12,08 persen dan BOR ICU juga turun menjadi 37,5 persen.

“Tapi tetap tak boleh lengah dan jangan kendor untuk terus menekan angka kasus covid-19 ini,” kata Fadia, kemarin.

Fadia menambahkan, dalam suasana peringatan Hari Jadi ke-399 Kabupaten Pekalongan ini pihaknya tetap menekankan kewaspadaan. Namun, lanjut dia, semua pihak harus tetap optimistis di tengah pandemi. Karena itu, kata dia, tema hari jadi Kabupaten Pekalongan kali ini mengusung tema “Kita Kukuh, Kita Teguh, Kita Tangguh, Corona Lumpuh”.

Baca juga:  Kawali Desak Penutupan TPA Bojonglarang

“Maknanya agar semua pihak terus bergandeng tangan melawan pandemi ini menuju zero kasus,” ucapnya.

Sementara itu Wakil Bupati Pekalongan Riswadi mengingatkan soal peningkatan vaksinasi. Menurutnya, antusiasme warga mengikuti vaksinasi sangat tinggi. Hal itu harus diimbangi dengan semangat Pemkab Pekalongan menggenjot vaksinasi.

Hingga 23 Agustus 2021, capaian vaksinasi di Kabupaten Pekalongan baru 23,85 persen dari total sasaran 747.881 orang. Terbaru, Pemkab Pekalongan sudah mulai menggalakkan vaksinasi untuk ibu hamil. “Kami optimistis, vaksinasi ini akan 100 persen. Kami akan upayakan ketersediaan vaksin terus ada. Kami terus komunikasi dengan pemerintah provinsi,” ucapnya. (adv/nra/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya