alexametrics

Sambar Tumpukan Daun Cengkeh, Pabrik Penyulingan Terbakar

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kajen – Pabrik penyulingan minyak cengkeh di Kecamatan Bandar terbakar, Rabu (11/8/2021) pagi. Api diduga berasal dari tumpukan daun cengkeh kering yang menyambar dari tungku pembakaran. Peristiwa ini terjadi di pabrik milik Kusnani, 47, Dukuh Krajan, Desa Wonodadi. Kebakaran terjadi pagi hari sekitar pukul 07.00, Rabu (11/8/2021).

Babinsa Koramil 07 Bandar Serma Sutrisno beserta dua anggota Babinsa mendatangi lokasi setelah mendapatkan laporan warga. Setelah melakukan pengecekan dan menanyakan kepada para saksi, diketahui kebakaran terjadi saat pekerja hendak memulai aktivitas.

“Salah satu pekerja saat menyalakan api untuk membakar kayu, tiba-tiba api dengan cepat menyambar tumpukan daun cengkeh kering. Api dengan cepat merembet ke bangunan di sekitar pabrik pengolahan minyak cengkeh,” ujarnya.

Baca juga:  Perbaikan Jembatan Kalijambe-Pantianom Tunggu Hibah

Para pekerja yang ada di tempat kejadian langsung berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Karena kondisi cuaca terang disertai tiupan angin kencang, api cepat membesar. Seisi pabrik terbakar beserta bangunannya.

Melihat kejadian tersebut, para pekerja melaporkan kepada pemilik pabrik pengolahan minyak cengkeh. Dengan cepat pemilik pabrik langsung menghubungi petugas Damkar Kecamatan Bandar dalam upaya pemadaman api.

Setelah mobil Damkar datang, dibantu masyarakat sekitar. Kobaran api akhirnya dapat dipadamkan sekitar pukul 08.00. Atas kejadian tersebut, kerugian diperkirakan mencapai Rp 500 juta. “Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut,” tandasnya. (yan/ida)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya