alexametrics

Banyak Warga Belum Sadar Ada Traffic Light di Simpang Tugu Durian

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kajen – Lampu lalu lintas (traffic light) di Simpang Tugu Durian, Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, resmi beroperasi kemarin. Meski sudah sepekan terpasang, ternyata banyak pengendara yang baru menyadari keberadaan traffic light itu. Bahkan ada yang kebablasan dan berhenti di zebra cross saat lampu merah.

Hal itu terjadi saat Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Tengah meninjau lokasi Selasa (3/8/2021). Salah satu pengendara Sukron asal Kabupaten Banjarnegara tak ngeh di sana ada traffic light. Ia hampir saja menerabas lampu merah. Ia akhirnya berhenti mendadak. Namun sayang, posisinya sudah di zebra cross. “Iya, baru tahu di sini sekarang ada bang-jo. Kaget saya,” katanya.

Sukron mencoba mundur. Namun di belakangnya sudah penuh pengendara. Akhirnya ia tetap diam di atas zebra cross. Petugas Dishub Provinsi Jateng mendatanginya dan memberi sedikit pemahaman.

Baca juga:  Mayat dalam Karung Gemparkan Pekalongan

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Provinsi Jawa Tengah Erry Derima Ryanto menjelaskan, pemasangan traffic light di Simpang Tugu Durian itu berdasarkan usulan dari Dishub Kabupaten Pekalongan sejak 2019. Siklus waktu traffic light Simpang Tugu Durian ini diatur selama 116 detik tiap nyala lampu. Pengaturan itu, lanjut Erry, berdasarkan catatan volume kendaraan tahun 2020. Perkiraannya, peningkatan pertumbuhan volume kendaraan di Kabupaten Pekalongan sekitar 7-10 persen.

“Nanti pengaturan ini bisa dievaluasi lagi oleh Dishub Kabupaten. Yang penting dengan adanya ini lalu lintas Simpang Tugu Durian bisa lebih tertib dan mengurangi potensi kecelakaan,” harapnya. (nra/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya