alexametrics

Teliti 50 Sampel Darah Unggas

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kajen – Sampel darah 50 ekor unggas di Kayugeritan, Karanganyar, Kabupaten Pekalongan dibawa ke laboratorium Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah. Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Pekalongan menyebut, ini tidak ada kaitannya secara langsung dengan kasus indikasi flu burung akhir Mei lalu.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, akhir Mei lalu puluhan unggas di Kayugeritan mati mendadak. DKPP Kabupaten Pekalongan kala itu menyimpulkan kasus tersebut karena flu burung. Tak lama setelah itu, observasi ke kandang sudah lakukan. Seminggu setelahnya, kegiatan komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE) kepada peternak mereka lakukan.

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah mendatangi lokasi. Mengambil sampel darah 50 ekor unggas. Mulai dari ayam, angsa, entok, hingga bebek. Dokter hewan DKPP Kabupaten Pekalongan Mutassim Billah mengatakan, kegiatan itu tidak ada kaitannya dengan kasus flu burung di Kayugeritan. “Kalau kaitannya secara langsung tidak ada. Karena kegiatan itu hanya untuk pengendalian,” katanya.

Baca juga:  Tanggul Permanen Kurang 100 Meter

Ia menjelaskan, itu memang program dari provinsi. Karena Kabupaten Pekalongan dapat jatah, kata dia, maka pihaknya mengajukan unggas di Kayugeritan untuk sampel. Sebab di sana baru saja ada kasus. “Jadi agar tahu juga nanti hasilnya seperti apa. Tetapi bukan karena baru saja ada kasus, terus provinsi datang. Bukan. Ini kami hanya memilihkan sampel,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, sejauh ini belum ada lagi laporan kasus unggas mati mendadak selain di Kayugeritan. Sejak kasus itu, pihaknya hingga kini terus berkomunikasi dengan para peternak. “Insya Allah aman,” ucapnya.

Mengenai hasil uji sampel darah, pihaknya tak mengetahui kapan akan keluar. Biasanya, kata dia, seminggu. “Tetapi tidak tahu nanti. Karena itu kan kegiatannya provinsi. Bukan kami. Kalau sudah keluar akan kami kabarkan kepada peternak,” tutupnya. (nra/ton)

Baca juga:  Razia Kos, Satpol PP Amankan 10 Pasangan Bukan Suami Istri

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya