alexametrics


Kuda Wisata Lepas, Pengunjung Kuliner Kocar-Kacir

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, Kajen – Seekor kuda lepas dari kandang dan lari ke jalan raya pada Selasa (1/6/2021). Peristiwa tersebut menghebohkan warga sekitar. Apalagi ketika kuda masuk ke Kawasan Kuliner Gemek, Kedungwuni. Kuda tersebut akhirnya digiring kembali ke kandang oleh sang pemilik.

Peristiwa tersebut sempat direkam oleh Lusi, 24. Kali pertama ia melihat kuda tersebut berlari di sekitaran pertigaan Podo, Kedungwuni. Sampai akhirnya masuk ke kawasan kuliner Gemek. “Kuda tersebut melawan arah. Saya lalu iseng merekamnya,” katanya kemarin.

Senada dikatan Tuwiyah, 42, pedagang gado-gado di Gemek. Saat kuda masuk Gemek, orang-orang heboh dan ketakutan. Kuda tersebut berlari kencang di jalanan depan SMA Negeri 1 Kedungwuni lalu nyaris kembali keluar ke jalan raya. “Takutnya nabrak motor atau gerobak jualan. Tetapi akhirnya aman, sih. Tak lama pemiliknya datang,” ucapnya.

Kuda tersebut ternyata milik Muhammad Rif’an, 43. Hari-hari tertentu, kuda itu biasa disewakan untuk wahana wisata di Gemek. Namun kemarin kuda itu sedang diistirahatkan. “Saya dengar katanya lepas. Jadi saya datangi lokasi,” katanya.

Setelah Rif’an cek ke kandang, ternyata tali pengikat kuda terlepas. Meski sempat menghebohkan warga, Rif’an mengaku tetap tenang. Lantaran ia yakin kudanya itu pasti akan kembali. “Karena sebelumnya beberapa kali pernah lepas. Tapi kembali,” ucap warga Kranji, Kecamatan Kedungwuni, itu.

Saat di kandang, kuda jenis Poni Lokal tersebut tampak jinak. Kepada wartawan koran ini, Rif’an membuktikannya. Ia mencium mulut dan menggigit lidah kuda tersebut. Tidak berontak dan bereaksi apa-apa. Begitu pula ketika wartawan koran ini dipersilakan memeluk kuda tersebut.

Menurut Rif’an, kuda tersebut lari karena baru saja dipindahkan dari kandangnya yang semula tiga hari lalu. Sebelumnya, kandang kuda Rif’an berada di dekat kantor Kecamatan Kedungwuni. Kini di samping Gedung Widya Graha SMA Negeri 1 Kedungwuni. “Dia belum kerasan di kandang baru, jadi lari mencari kandangnya yang dulu. Makanya arah larinya tadi juga ke sana,” jelas Rif’an.

Selain itu, lanjut Rif’an, gusi dan gigi kuda sedang memar. Rif’an menunjukkannya. Gusi depan sebelah kiri bawah kuda sedikit berdarah dan bengkak.”Beberapa hari ke depan, kuda ini sudah tahu ini kandangnya. Jadi InsyaAllah tidak lari-lari lagi,” ujar Rif’an. (nra/zal)

 

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Populer