alexametrics

Jajaki Sistem Transportasi Anak Sekolah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kajen – Komisi III DPRD bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pekalongan mulai menjajaki sistem transportasi anak sekolah. Muncul beberapa alternatif usulan dalam pembahasan. Mulai dari pemanfaatan mobil siaga desa, angkutan umum, hingga kerja sama dengan pengusaha armada travel.

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan Siti Masruroh menjelaskan, sistem transportasi anak sekolah ini sangat mendesak diwujudkan. Sebab, masih banyak siswa SMP yang menggunakan sepeda motor. “Padahal belum memiliki SIM. Ini sangat berisiko,” ucapnya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pekalongan Wahyu Kuncoro melempar beberapa alternatif. Di antaranya, memanfaatkan angkutan umum yang telah ada. Namun, kata dia, diatur jam-jam khusus anak sekolah. “Jadi angkutan umum itu khusus melayani anak sekolah hanya saat jam-jam berangkat dan pulang. Bisa diatur demikian,” katanya.

Baca juga:  Tiga Kali Dibui Tak Buat Warsito Kapok

Dengan mekanisme itu, jelas Wahyu, akan menciptakan simbiosis yang baik dengan sopir angkutan. Namun, memang perlu pengkajian subsidi tarif. “Agar tarifnya khusus anak sekolah,” ucapnya.

Pemanfaatan mobil desa siaga juga muncul sebagai alternatif. Namun forum rapat mengkhawatirkan itu justru akan memunculkan masalah baru di desa. Misalnya soal biaya bensin, honor, dan tumpang tindih operasional mobil siaga.

Alternatif lain yang kuat dibicarakan yakni kerja sama dengan pengusaha armada travel. Travel yang banyak beroperasi saat malam, akan dimanfaatkan sebagai angkutan sekolah saat pagi dan sore.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Pekalongan Munir menjelaskan, semua alternatif yang muncul akan dibahas kembali pada rapat selanjutnya. Dalam jangka panjang, pihaknya akan meminta pemkab melakukan kajian sistem tranportasi anak sekolah. “Finalnya adalah terbitnya Rencana Induk Transportasi Pelajar. Sehingga Kabupaten Pekalongan punya sistem transportasi khusus anak sekolah yang baik,” katanya. (nra/ton)

Baca juga:  Jalur Darurat akan Diganti Permanen

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya