alexametrics

Perbaikan Jembatan Rembun yang Ambles Diperkirakan Selesai Dua Bulan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kajen – Perbaikan Jembatan Rembun atau jembatan perbatasan Kabupaten Pekalongan dengan Kabupaten Pemalang diperkirakan akan memakan waktu dua bulan. Mulai Jumat (5/2/2021) kendaraan berat atau truk angkutan barang baik dari arah Jakarta maupun Semarang dialihkan lewat jalan tol.

Menurut Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN), jembatan jenis Callender Hamilton (CH) atau jembatan dengan rangka baja ini dibangun pada tahun 1977. Panjang jembatan ini 50,6 meter dan lebar kurang lebih 6 meter.

Rabu (4/2/2021) sekitar pukul 19.40, satu sisi jembatan ini ambles (sisi selatan, arah Semarang-Jakarta). Akibatnya, polisi harus merekayasa lalu lintas malam itu dengan memberlakukan sistem contraflow (penggunaan satu jalur untuk dua arus) di jembatan sisi utara (arah Jakarta-Semarang).

Baca juga:  Bau Apek, Beras Bansos di Demak Tidak Layak Konsumsi

BBPJN menyebut, belum diketahui secara pasti penyebab amblesnya jembatan yang terletak di jalan nasional (Pantura) ini. Perwakilan Satuan Kerja (Satker) Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah 1 Jawa Tengah I Nyoman Yasmara mengatakan, secara usia jembatan itu memang sudah waktunya penggantian.

“Sebenarnya kami sedang memproses persiapan penggantian jembatan ini. Ternyata malam kemarin sudah ambles dahulu,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang Jumat (5/2/2021) di lokasi.

Pantauan Jawa Pos Radar Semarang di lokasi pada Jumat (5/2/2021) pagi, petugas Bina Marga tengah melakukan pengecekan seluruh struktur jembatan. Nyoman menjelaskan, pondasi jembatan secara keseluruhan masih baik. Titik ambles hanya di sisi timur (sambungan dengan jalan aspal Rembun).”Nanti ini akan dibongkar semua dan diganti dengan rangka baja baru,” jelas Nyoman. (nra/bas)

Baca juga:  Terguling di Jalan Tol, Terjun dari Ketinggian 10 M

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya