alexametrics

Sehari Longsor di Tiga Kecamatan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kajen – Terjadi bencana longsor di tiga kecamatan dalam waktu sehari. Di salah satu titik, longsor menghantam saluran pipa Perumda Air Minum Tirta Kajen atau PDAM. Sebanyak 650 pelanggan tak teraliri air.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pekalongan Budi Rahardjo mengatakan Selasa (12/1/2021) malam terjadi longsor di tiga titik. Yakni tebing pinggir jalan Doro-Petungkriyono atau masuk wilayah Kroyakan, Kecamatan Talun. Titik kedua, di Desa Sukoharjo, Kecamatan Doro. Ketiga, di halaman SD Negeri 4 Sidomulyo, Kecamatan Lebakbarang. Sebelum kejadian, wilayah-wilayah tersebut diguyur hujan cukup lebat.

“Semua sudah dalam penanganan kami bersama masyarakat, PMI, TNI, Polri, dan relawan lainnya,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang Rabu (13/1).

Baca juga:  Hasil Kopi Melimpah, Serapan Lemah

Ia menyebut, tidak ada korban jiwa dari ketiga longsor tersebut. Namun sempat menyebabkan lalu lintas dan aktivitas warga tersendat. Sementara longsor di tebing Pakuluran, Desa Sukoharjo, bahkan menghantam saluran pipa PDAM terputus.

Pihaknya juga sudah melakukan evakuasi sisa-sisa longsor di halaman SD Negeri 04 Sidomulyo. Turap atau penahan tebing di sekolah ini jebol akibat longsor. Panjangnya sekitar 7 meter dan tinggi 3 meter.

“Sudah kami laporkan ke Dindikbud juga. Sementara di sana sudah kami tutup terpal,  mengantisipasi apabila hujan turun longsoran tidak jatuh kembali,” ujarnya.

Terpisah, Direktur Perumda Air Minum Tirta Kajen Nur Wachid mengonfirmasi saluran pipa di  tebing Pakuluran terputus. Ia menyebut, panjang pipa tersebut sekitar 30 meter.

Baca juga:  Mayat yang Ditemukan di Sungai Soko Kembang Diduga Korban Pembunuhan

“Itu terhantam longsor. Ikut tersapu ke bawah. Jadi putus total,” ungkapnya.

Putusnya pipa tersebut mengakibatkan air tak bisa mengaliri pelanggan di seluruh Doro, Sawangan, Langkap, hingga Pakis Putih. “Berarti ada sekitar 650 kepala keluarga (KK) pelanggan kami terdampak,” sebutnya.

Mendapat laporan usai kejadian, pihaknya langsung menuju lokasi melakukan perbaikan dan ikut membersihkan longsoran bersama warga setempat. Pihaknya akan segera mengganti pipa tersebut.

“Ini sedang dalam proses perbaikan. Jika sore ini (kemarin, Red) selesai, maka nanti malam sudah bisa teralir ke sana,” jelasnya kemarin siang. (nra/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya