alexametrics

Kembang Desa Permudah Layanan Hukum

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kajen – Masyarakat Kabupaten Pekalongan dapat mengakses layanan hukum lewat aplikasi Kembang Desa (Kemitraan Membangun Desa). Aplikasi ini digadang-gadang mempermudah masyarakat mengakses informasi dan layanan hukum. Tak hanya itu, biaya perkara juga akan lebih murah.

Pengadilan Negeri Pekalongan bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pekalongan menyosialisasikan aplikasi tersebut pada Senin (28/12/2020) di aula Setda Kabupaten Pekalongan. Kembang Desa merupakan aplikasi gagasan Pengadilan Tinggi Negeri Provinsi Jawa Tengah yang dirilis oleh gubernur pada 1 September 2020.

Ketua Pengadilan Negeri Pekalongan Sutaji menjelaskan, Kembang Desa memiliki sembilan layanan. Di antaranya pendaftaran perkara elektronik, pelayanan surat keterangan, info perkara banding, izin besuk tahanan, hingga live streaming pengadilan.

Baca juga:  Perketat Disiplin Prokes di Pasar Tradisional

“Terdapat pula layanan bagi akademisi untuk permohonan narasumber, izin riset, dan bantuan hukum,” jelasnya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Ia mengatakan dengan Kembang Desa masyarakat akan lebih ringan dalam mengajukan permohonan hukum. Masyarakat cukup datang ke balai desa/kelurahan dan mengikuti arahan selanjutnya.

Pj Sekda Kabupaten Pekalongan Bambang Irianto menambahkan, pihaknya akan mendorong dan memastikan seluruh pemerintah desa/kelurahan mulai mempelajari dan menggunakan aplikasi tersebut. “Setelah sosialiasi ini, pemerintah desa harus siap melayani masyarakat yang membutuhkan layanan hukum lewat Kembang Desa,” tutupnya. (nra/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya