alexametrics

Ribuan Surat Suara Rusak

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kajen – Ribuan surat suara untuk pemilihan bupati (pilbup) Pekalongan rusak. Kerusakan itu di antaranya sobek, ada noda tinta, dan gambar kabur (blur). Dengan demikian, tujuh hari jelang pencoblosan, KPU Kabupaten Pekalongan masih kekurangan ribuan surat suara.

Sekretaris KPU Kabupaten Pekalongan Sri Wilujeng menyebut, total ada 2.326 lembar surat suara rusak. Kerusakannya bervariasi. Di antaranya sobek, ada bintik tinta di kotak gambar salah satu paslon, dan gambar paslon blur.

Ia juga menyebut, kini KPU tengah kekurangan ribuan surat suara. Selain karena rusak, ternyata jumlah surat suara yang dikirim oleh perusahaan percetakan kurang. Kekurangan pengiriman ini mencapai 3.533 lembar. “Ini kami ketahui setelah proses penyortiran surat suara beberapa waktu lalu,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang Selasa (1/12/2020).

Baca juga:  Pasang Baliho HUT TNI di Lokasi TMMD

Ia mengatakan, kebutuhan surat suara untuk Pilbup Pekalongan sebanyak 739.726 lembar. KPU kini tengah mengebut dan mengejar untuk menutup kekurangan surat suara itu. Sebab, pemungutan suara (pencoblosan) dilaksanakan 9 Desember 2020.”Jadi, tujuh hari jelang pencoblosan ini kami masih kekurangan 5.859 lembar surat suara,” jelasnya.

Ribuan surat suara rusak itu akan dimusnahkan. Sementara soal kekurangan pengiriman surat suara, KPU sudah menghubungi pihak perusahaan percetakan. Kabarnya kemarin sudah mulai dikirim.

“Untuk logistik APD alhamdulillah tidak ada kekurangan. Bahkan sudah mulai kami distribusikan ke kecamatan. Kami menarget, semua logistik selesai terdistribusi pada 6 Desember 2020. Termasuk surat suara,” tutupnya. (nra/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya