alexametrics

Sehari Sebelum Kecelakaan, Vina Meminta Ibu Memasak Nasi Megono dan Semur Jengkol

Duka Keluarga Korban Kecelakaan di Tol Cipali

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kajen – Wajah Sulis Wahyuni, 45, sembab. Ia mengusap air mata dengan kerudung hitamnya. Ia duduk di sudut ruang tamu ketika Jawa Pos Radar Semarang ada di sana. Di Desa Kalimade, RT4/RW2, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan.

Para kerabat dan tetangga berdatangan. Mereka bertakziah memberikan ucapan belasungkawa. Salah satu petakziah merangkul pundak Sulis untuk menenangkan.

Senin (30/11/2020) pagi, Sulis mendapatkan kabar duka. Kabar itu ia dapat dari Abdul Ghofur, perangkat desa yang masih kerabatnya. Mini bus (travel) yang ditumpangi anak, cucu, dan menantunya, mengalami kecelakaan beruntun di kilometer 78 jalur A Tol Cipali, Purwakarta, Jawa Barat.

Data yang dihimpun Jawa Pos Radar Semarang, kecelakaan itu melibatkan tiga kendaraan sekaligus. Sebuah truk tronton berhenti mendadak karena mesin mati. Dari arah yang sama, truk tronton lain menabrak bagian belakang truk pertama. Disusul travel yang ditumpangi keluarga Sulis menabrak bagian belakang truk kedua. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 03.00 dinihari.

Baca juga:  Razia Disiplin Anggota, Sisir Cafe dan Karaoke

Hingga sore kemarin, dikabarkan 10 orang meninggal akibat kecelakaan itu. Termasuk Vina Mutiara, 25 (anak), Maura Adelia Putri, 4 (cucu), dan Maulana, 32 (menantu).

Kepada para petakziah, Sulis bercerita. Tiga orang kesayangannya itu tinggal di Jakarta. Mereka hendak pulang ke Pekalongan karena Sulis hendak menggelar selamatan (tahlilan) setahun kematian suaminya. Tahlilan akan dilaksanakan Senin malam (30/11/2020).

Acara tahlilan sudah Sulis persiapkan betul. Jamuan dan snack telah ia pesan. Sulis sangat menanti kedatangan Vina, Adel, dan Maulana. Nahas, tiga orang yang ia nantikan kedatangannya, meninggal dalam perjalanan. “Saya benar-benar sedih. Setahun lalu ditinggal suami. Kini Tuhan memanggil anak, cucu, dan menantu saya,” katanya terbata-bata.

Kepada Jawa Pos Radar Semarang Sulis mengungkapkan, sehari sebelum peristiwa, Vina sempat mengaku rindu masakan Sulis. Vina meminta Sulis memasak nasi megono dan semur jengkol. “Itu ia katakan lewat telepon. Katanya akan ia makan ketika sampai di sini,” ungkapnya.

Baca juga:  XL Axiata Sosialisasi Aplikasi Laut Nusantara di Kawasan Timur Indonesia

Itu bukan percakapan terakhir Sulis dan Vina. Minggu malam (29/11/2020), sebelum berangkat ke Pekalongan, Vina sempat menelepon Sulis. Vina mengabarkan akan menuju Pekalongan naik travel. Dalam telepon itu, Sulis juga bercakap-cakap dengan Adel cucunya. “Saya juga heran, tak biasanya mereka pulang kampung naik travel. Biasanya selalu naik sepeda motor bertiga,” kenang Sulis.

Sulis mengaku tak punya firasat apa-apa. Tetapi, kata dia, Senin dini hari sekitar pukul 02.30, ia terbangun dari tidur. Ia terbangun dan tiba-tiba terperanjat karena merasa ada suara Vina memanggil. Ia mengira anak, cucu, dan menantunya telah tiba. “Saya keluar kamar dan menengok ke teras. Saya kira mereka sudah sampai. Ternyata tidak ada siapa-siapa. Saya kembali istirahat,” ungkapnya.

Baca juga:  Unimma Terus Memacu Prestasi

Paginya ia menerima kabar, Vina, Adel, dan Maulana meninggal. Ia kehilangan anak sulung, cucu satu-satunya, dan menantu. Kini Sulis hanya tinggal bersama anak perempuan kedua, atau adik Vina. “Saya mencoba ikhlas. Semoga mereka diterima di sisi Allah,” doa Sulis.

Pantauan koran ini, hingga sore kemarin jenazah belum tiba di rumah duka. Menurut Perangkat Desa Kalimade Abdul Ghofur, belum diketahui kapan ketiga jenazah akan dimakamkan. “Keluarga masih musyawarah,” katanya.

Kepala PT Jasa Raharja Perwakilan Pekalongan Sugeng Prastowo mendatangi rumah duka untuk menyerahkan santunan kepada ahli waris korban. Ia menyampaikan, dari sepuluh korban meninggal, tujuh di antaranya warga Kecamatan Kesesi. Dua warga Kabupaten Pemalang, dan satu orang warga Sumatera Barat yang beristri warga Kesesi. “Sopir travel juga warga Kesesi. Jadi tujuh warga Kesesi itu termasuk sopir,” jelasnya. (nra/ida/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya