alexametrics

Sembilan Warga Alami Anosmia Sebelum Dinyatakan Positif Covid-19

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kajen – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pekalongan meminta warga waspadai tanda anosmia. Pasalnya, gejala ini kerap muncul pada pasien terinfeksi covid-19. Terakhir, sembilan warga Desa Krandegan, Kecamatan Paninggaran, alami anosmia sebelum dinyatakan positif covid-19.

Kepala Dinkes Kabupaten Pekalongan Setiawan Dwi Antoro atau Wawan menjelaskan, anosmia adalah hilangnya kemampuan Indra penciuman seseorang. Terkadang juga diikuti hilangnya kemampuan merasakan makanan.

“Kasus ini kami jumpai di antaranya pada rombongan ziarah Desa Krendegan. Sepulang ziarah dari Jogjakarta, beberapa dari mereka mengeluh tak bisa mencium bau apapun,” ungkapnya.

Gejala serupa juga dialami seorang ASN Kecamatan Wonopringgo yang positif Covid-19. Camat Wonopringgo Tuti Haryati menceritakan, sebelum dinyatakan positif covid-19 ASN tersebut mengeluh kehilangan penciuman. “Dia itu habis operasi sinus. Penciumannya hilang dan suhu tubuhnya panas. Setelah swab ternyata positif covid-19,” beber Tuti. (nra/ton/bas)

Baca juga:  PAN Bidik Sembilan Kursi

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya