alexametrics

Pendamping Desa Diperiksa, BU Beri Sambutan, DM Bikin Yel-Yel

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kajen – Bawaslu Kabupaten Pekalongan telah memeriksa dua orang yang diduga melanggar netralitas dalam Pilkada. Seorang ASN berinisial BU memberi sambutan dalam acara konsolidasi internal salah satu paslon. Sementara Pendamping Desa berinisial DM menjadi MC acara dan membikin yel-yel paslon.

Koordinator Divisi Hukum, Humas, dan Data Informasi Bawaslu Kabupaten Pekalongan Wahyudi Sutrisno mengatakan, dalam pemeriksaan keduanya mengakui keterlibatannya. Video dan foto saat keduanya beraksi menjadi bukti. “Kemarin sudah kami beri kesempatan mereka klarifikasi. Mereka mengakui pelanggaran itu. Jadi bukan cuma ada bukti,” katanya Senin (12/10/2020).

BU adalah seorang ASN di salah satu desa di Kecamatan Sragi. Sementara DM seorang Pendamping Desa di kecamatan yang sama. Keduanya menghadiri dan terlibat dalam acara konsolidasi internal salah satu paslon bupati-wakil bupati Pekalongan. “Itu di satu acara. Tidak terpisah. Keduanya terlibat di acara itu,” jelas Wahyudi.

Baca juga:  Kapasitas Mesin 1.500 CC, Bisa Gaspol di Laut Lepas

Bawaslu telah mengirim surat rekomendasi ke instansi mereka masing-masing. Surat rekomendasi penindakan BU dikirim ke Komite ASN (KASN). Sementara penindakan DM dikirim ke Tenaga Pendamping Profesional Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (TPP P3MD) Provinsi Jawa Tengah. “Nanti yang menindak dan memberi sanksi instansi mereka masing-masing, yakni KASN dan TPP P3MD.  Bawaslu hanya memberi rekomendasi sesuai ketentuan,” imbuhnya.

Sementara itu, Bawaslu juga akan mengirim surat rekomendasi penindakan ke Bupati Pekalongan terkait kasus pelanggaran netralitas Kepala Desa Waru Lor AH. AH dinyatakan mengikuti dan terlibat aksi dukung mendukung salah satu paslon dalam suatu acara. “Sanksi terberat, ketiganya bisa dipecat atau dicopot,” kata Wahyudi. (nra/ton/bas)

Baca juga:  Pemkab Pekalongan Kembalikan 1.397 Anak ke Sekolah

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya