Lima Jam Api Bakar TPA Bojonglarang

138
Tim gabungan dari Damkar, BPBD, Tagana, Bagana, Rescue, dan PMI Kabupaten Pekalongan berusaha memadamkan api di TPA Bojonglarang, Desa Linggo Asri, Kecamatan Kajen, Senin (14/9/2020). (Istimewa)

RADARSEMARANG.ID, Kajen – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bojonglarang terbakar Senin (14/9/2020) sore. Si jago merah yang melalap gunungan sampah itu baru bisa dipadamkan pada pukul 21.00.

TPA seluas 2,3 hektare itu berada di Dukuh Bojonglarang, Desa Linggo Asri, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan. Menurut Kepala UPT TPA Lutfiah, kebakaran terjadi pada Senin (14/9/2020) sekitar pukul 16.00. Api baru bisa padam menjelang pukul 21.00. “Dugaan sementara kebakaran terjadi karena ledakan gas metana,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Ia menambahkan, total volume sampah di TPA ini sekitar 110 ton. Namun pihaknya belum bisa memastikan berapa persisnya luasan dan volume sampah yang terbakar. “Hanya gunungan sampah. Tidak ada bangunan lain yang terbakar,” imbuhnya.

Anggota PMI Kabupaten Pekalongan M Rofik Maulana mengatakan, dalam memadamkan api terjun enam unit mobil pemadam kebakaran. Masing-masing berkapasitas 5.000 liter. Dibantu tiga unit mobil tangki air dan satu ambulans dari PMI Kabupaten Pekalongan.¬† “Beruntung kobaran api tak sampai area hutan pinus,” ucapnya.

Kapolsek Kajen Iptu Isnovin menambahkan, penyebab kebakaran belum diketahui. Dugaan kuat karena ledakan gas metana dari dalam tumpukan sampah.”Tidak ada korban jiwa. Penyebab pastinya belum kami ketahui,” tutupnya. (nra/lis/bas)