alexametrics

Plesiran Mengunjungi Orang-Orangan Sawah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kajen –Upacara sedekah bumi dan parade pecing atau orang-orangan sawah di Desa Bantar Kulon, Kecamatan Lebakbarang jadi wisata tematik. Dua kegiatan itu sejak dahulu merupakan tradisi desa setempat.

Saat acara, sedekah bumi dan pecing diarak keliling desa. Kemudian dipamerkan berderet di area persawahan. “”Acara ini sekaligus soft launching desa wisata Bantar Kulon. Keduanya merupakan tradisi yang harus tetap kami lestarikan,” kata Kepala Desa Bantar Kulon Sumadri Minggu (23/8/2020).

Menurutnya, sedekah bumi merupakan wujud syukur petani kepada Tuhan atas panen mereka. Sementara parade pecing sebagai simbol survive atau bertahan hidup para petani. “Juga sebagai makna keadaan petani sekarang yang bukan lagi konsumen, namun wajib jadi produsen,” imbuhnya.

Baca juga:  Tanggul Sungai Beringin dan Plumbon Jebol, Tiga Kelurahan Terendam

Ketua Lesbumi PCNU Kabupaten Pekalongan Eko Ahmadi mengatakan, kegiatan tersebut antara lain bertujuan untuk menggerakkan Bantarkulon menjadi desa produksi dan wisata tematik perdesaan. “Selain untuk melestarikan tradisi, melalui kegiatan ini kami berharap agar kunjungan wisata ke Desa Bantar Kulon bertambah. Kemudian lama tinggal pengunjung juga meningkat, sehingga berdampak pada kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Ia mengatakan Desa Bantar Kulon memiliki tiga bidang unggulan, yakni pertanian, industri olahan dan pariwisata. “Kami berharap, ketiganya bisa berkolaborasi untuk kesejahteraan masyarakat,” katanya

Salah satu panitia acara Usman mengatakan, ide acara awalnya muncul dari para petani Bantarkulon. Acara ini juga sebagai sarana mengenalkan kearifan lokal terutama bidang pertanian kepada kaum milenial. “Ada puluhan pecing. Dibuat sesuai kreativitas warga. Bentuk dan bahannya beragam. Kami bebaskan. Nanti yang terbaik akan kami beri hadiah,” jelasnya. (nra/ton/bas)

Baca juga:  Akal-Akalan Tanpa Nama, Minimarket Tanpa Izin Buka Kembali

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya