Curah Hujan Tinggi, Jalan Tol Dipenuhi Lubang

402
PANTAUAN TOL: Kasatlantas Polres Pekalongan, AKP Ariakta Gagah Nugraha, memantau jalan tol berlubang di KM 322.(ISTIMEWA)
PANTAUAN TOL: Kasatlantas Polres Pekalongan, AKP Ariakta Gagah Nugraha, memantau jalan tol berlubang di KM 322.(ISTIMEWA)

RADARSEMARANG.ID, KAJEN – Hujan yang mengguyur Kabupaten Pekalongan selama sepekan terakhir berdampak pada rusaknya sebagian jalan tol Pemalang-Batang yang ada di area Kabupaten Pekalongan.

Sat Lantas Polres Pekalongan melakukan pantauan jalan tol sepanjang perjalanan dari pintu masuk gerbang Setono ke arah Jakarta, ditemukan sejumlah lubang dengan diameter bervariasi. Ada yang kecil bahkan ada yang besar yang cukup membahayakan pengguna jalan.

Adapun titik jalan lubang tersebut terlihat di jalur B tepatnya di KM 325, 331, 323, dan KM 322. Sementara di jalur sebaliknya, jalur Jakarta arah Semarang, ditemukan lubang di KM 323, 324 dan 326 hingga genangan air di KM 326, 334 dan 337.

Sedangkan jalan berlubang paling parah ada di KM 322, terlihat lubang dengan diameter sekitar 1 meter dan kedalaman lubang ini, memiliki antara 10-20 sentimeter, dan pada titik ini juga terlihat ada penyempitan jalur B, karena tengah dilakukan penambalan atau perbaikan jalan.

Petugas Pemalang Batang Toll Road (PBTR), N Zakaria, mengungkapkan bahwa pihak PBTR beberapa hari yang lalu hingga saat ini, masih terus mengadakan perbaikan jalan berlubang, baik pada jalur A maupun jalur B.

“Faktor hujan lebat beberapa hari berturut turut adalah salah satu penyebab jalan berlubang. Hari ini akan segera diperbaiki kembali karena ini bagian dari pemeliharaan jalan tol,” ungkap N Zakaria.
Sementara itu, Kasatlantas Polres Pekalongan, AKP Ariakta Gagah Nugraha, mengatakan bahwa dilakukannya pengecekan jalur tol Pemalang Batang area Pekalongan bertujuan untuk memastikan adanya perbaikan beberapa lubang jalan tol, yang berada di wilayah hukum Polres Pekalongan.

“Kita lakukan pengecekan untuk memastikan ada perbaikan jalan, dan Kami mengimbau agar pengguna jalur tol memasuki KM 322 perlahan, karena ada penyempitan jalur, ada perbaikan jalan,” kata Kasatlantas Polres Pekalongan, AKP Ariakta Gagah Nugraha. (thd/bas)