Sistem Aduan Pekalongan Terintegrasi secara Nasional

234
Sekretaris Daerah Kabupaten Pekalongan, Mukaromah Syakoer.(Ist)
Sekretaris Daerah Kabupaten Pekalongan, Mukaromah Syakoer.(Ist)

RADARSEMARANG.ID, KAJEN – Nomor layanan aduan milik Pemkab Pekalongan melalui SMS 085600900300 kini telah terintegrasi dengan sistem layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat (Lapor) yang dikelola Pemerintah Pusat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pekalongan Mukaromah Syakoer mengungkapkan bahwa dengan integrasi ini, maka akan mempermudah masyarakat dalam melapor permaslahan. Karena sistemnya terpadu seluruh Indonesia. Sehingga diharapkan bisa terjawab dengan tuntas keluhan atau aduan masyarakat tersebut.

Menurutnya aplikasi Lapor adalah layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat Indonesia melalui beberapa kanal pengaduan yaitu website www.lapor.go.id, SMS 1708, twitter @lapor1708 dan aplikasi Android.

“ Melayani aduan masyarakat melalui Lapor, menjadi kewajiban kita bersama sebagai aparatur pemerintah untuk lebih resposif pada setiap laporan masyarakat,” ungkap Mukaromah Syakoer, saat membuka sosialisasi layanan aspirasi dan pengaduan online di aula Lantai 1 Setda Kajen kemarin.

Menurutnya, masyarakat sekarang serba instan dan cerdas. Tidak lagi menyampaikan jalan mulus ke pimpinan daerah. Lebih menginformasikan jalan yang rusak, berlubang. Dipotret kemudian dilaporkan.

“Ini artinya apa? Masyarakat butuh penanganan cepat.  Maka dari itu Kominfo melakukan kegiatan sosialisasi ini untuk menyikapi hal hal seperti itu. Tugas kita tidak hanya menjamin sent atau terkirim.Tapi delivered-nya. Sehingga sampai pendistribusian kegiatan itu bisa dikerjakan. bBisa dirasakan oleh masyarakat.  Selalu cek masalah di lapangan dan temukan solusinya karena untuk mempecepat pelayanan,” kata Sekda. (thd/zal)