alexametrics

Perguruan Tinggi Pacu Pertumbuhan Ekonomi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KAJEN – Perkembangan pendidikan di Kabupaten Pekalongan semakin pesat. Banyak berdiri perguruan tinggi di sana. Tercatat selama 2019 hingga Oktober ini, sudah lebih dari lima kampus yang berdiri. Keberadaan perguruan tinggi tersebut diyakini mampu memacu pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Pekalongan.

Hal itu disampaikan Bupati Pekalongan Asip Kholbihi saat melakukan groundbreaking pembangunan gedung Rektorat Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) di wilayah Kelurahan Pekajangan, Kecamatan Kedungwuni Minggu (20/10).

Menurutnya,  selama tiga tahun terakhir, pertumbuhan akan pembangunan gedung perguruan tinggi sangat luar biasa, seperti pembangunan gedung IAIN di Rowolaku, Bojong, yang saat ini sudah memiliki lebih dari tiga ribu mahasiswa.

“Dengan hadirnya delapan perguruan tinggi di Kabupaten Pekalongan, membawa dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi Kabupaten Pekalongan, yang ternyata melampaui pertumbuhan ekonomi Kota Pekalongan. Sepanjang sejarah baru terjadi. Pertumbuhan ekononi kita meningkat di angka 5,76 persen. InsyaAllah akhir tahun ini kalau seluruh program berhasil, maka bisa mencapai angka 6”, ungkap bupati.

Baca juga:  Khawatir Sepi, Pendaftar Panwascam Ternyata Membludak 

Bupati juga mengatakan, dengan banyaknya perguruan tinggi, berdampak pada tingkat penggangguran yang makin turun. Tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Pekalongan saat ini pada kisaran 4 persen, dari sebelumnya 6 persen.

Bupati Asip menyatakan sangat mendukung berdirinya UMPP. Di Kabupaten Pekalongan sudah ada delapan perguruan tinggi, baik swasta maupun negeri.

Sementara itu, Wakil Bupati Pekalongan Arini Harimurti menuturkan bahwa pihaknya berterima kasih pada Pengurus Daerah Muhammadiyah beserta jajarannya yang terus-menerus berikhtiar untuk memulai lagi pembangunan UMPP yang sejarahnya sudah ada sejak Tahun 1960-an.

“Hal ini menunjukkan semangat sarikat  warga Muhammadiyah Pekajangan untuk mencari ilmu  luar biasa, tak heran jika akhirnya sekarang terlaksana pembangunan gedung UMPP ini,” tandas  Arini. (thd/zal)

Baca juga:  Pencuri Kayu Ditangkap, Dua Masih Buron

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya