alexametrics

Bagikan 20 Ribu Bibit Lele

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KAJEN – Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Pekalongan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan memberikan bantuan bibit ikan lele, pakan dan kolam ikan kepada Kelompok Pembudidaya Ikan Pekalongan Gandrung di Desa Pantianom, Bojong, Kabupaten Pekalongan.

Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, mengatakan bahwa tujuan memberikan bantuan ini, agar Kabupaten Pekalongan bisa swasembada di pasokan ikan, serta masyakaratnya gemar akan makan ikan.

Menurutnya potensi kebutuhan akan di Kabupaten Pekalongan sangat luar biasa, baik ikan yang ada ikan laut dan ikan tawar. Hal itu dilihat tingginya pasokan ikan yang didatangkan hingga luar Kabupaten Pekalongan, yakni Kabupaten Banjarnegara dan Purbalingga.“Kalau bisa dalam hal perikanan kita juga bisa surplus seperti halnya padi, karena suplai ikan kita masih banyak dari Banjarnegara,” ungkap Bupati Asip.

Baca juga:  Pembangunan Pasar Wiradesa Masih Sisakan PR

Bupati Asip juga mengatakan bahwa pihaknya ingin, menjadikan Desa Pantianom Kecamatan Bojong sebagai sentra budidaya ikan lele, yang dikelola secara mandiri dan profesional oleh masyarakat, dan  Pemerintah akan memfasilitasi dan siap membantu.

Menurutnya permintaan akan ikan lele sangat luar biasa, dan Kabupaten Pekalongan belum bisa “Budidaya ikan lelenya jangan tanggung-tanggung, yang banyak sekalian biar menjadi sentra untuk Wilayah Kabupaten Pekalongan, ayo dikelola secara profesional, ” kata Bupati Asip.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Sirhan, menjelaskan bahwa bantuan tersebut bibit ikan berjumlah 20 ribu bibit ikan lele, 2 ton pakan, 10 kolam ikan serta tambahannya yaitu alkon.

Adapun luas lahan perikanan di Kabupaten Pekalongan, untuk budidaya ikan air tawar 51 hektar, dan budidaya ikan air payau seluas 85 hektare, dengan rata-rata produksi ikan sebanyak 7.800 ton pertahunnya.

Baca juga:  Akal-Akalan Tanpa Nama, Minimarket Tanpa Izin Buka Kembali

“Dinlutkan terus berupaya mengembangkan sentra-sentra budidaya ikan air tawar di Kabupaten Pekalongan.Tiap tahun ada peningkatan produktivitas ikan, karena kita terus mengembangkan, membantu dan mendorong teman-teman pembudidaya untuk selalu membuat kolam baru,” jelas Sirhan. (thd/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya