alexametrics

Telaga Sigebyar Mengering

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KAJEN  – Musim kemarau berdampak pada sejumlah sungai dan telaga yang ada di Kabupaten Pekalongan mengering. Termasuk objek wisata Telaga Sigebyar yang ada di Desa Tlogohendro Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan.

Wisata Sigebyar yang terkenal akan airnya yang bening dan melimpah kini hanya ada seonggok gambut kering tanpa air, perahu yang semula menjadi objek foto dan rebutan para pengunjung untuk mengeliling Telaga Sigebyar sekarang mulai rusak.

Melihat fenomena telaga Sigebyar, Bupati Pekalongan Asip Kholbihi memastikan kondisi telaga dan mencari solusi akan mengeringnya Sigebyar. Menurut Bupati Asip, mengeringnya telaga Sigebyar karena air yang ada di telaga tersebut digunakan untuk pertanian di sekitarnya, dan mengalir ke sungai-sungai yang ada di bawahnya.

Baca juga:  Pengungsi Mulai Bersihkan Rumah

“Ini sebetulnya fenomena biasa yang rutin terjadi setiap tahunnya ketika musim kemarau terjadi, yakni telaga Sigebyar mengering. Namun karena selama ini Telaga Sigebyar ramai dikunjungi warga hingga ribuan, maka menjadi heboh ketika telaga kering” ungkap Bupati Asip.

Bupati Asip juga mengatakan meski Telaga Sigebyar mengering, namun Telaga Lanangan dan Telaga Wadon yang ada di sebelah Telaga Sigebyar tidak mengalami kekeringan, masih utuh melimpah.

“Jadi telaga Sigebyar ini gambutnya akan dibersihkan dahulu, setelah itu baru akan diisi air dari telaga Lanangan, sehingga obyek wsiata telaga Sigebyar akan kembali ramai, setelah diisi air dari telaga Lanangan,” kata Bupati Asip.

Sementara itu, Kepala Desa Tlohohendro, Kecamatan Petungkriyono, Kaslam menegaskan bahwa mengeringnya Telaga Sigebyar mengakibatkan jumlah pengunjung turun secara drastis. “Saat ini sehari hanya ada pengunjung 20 hingga 50 orang karena airnya kering. Sehingga objek wisata telaga Sigebyar tidak menarik lagi. Tapi setelah gambut dibersihkan dan diisi air maka saya yakin akan kembali ramai pengunjung,” tegas Kaslam. (thd/bas)

Baca juga:  Pengujung Linggo Asri Meningkat 30 Persen

 

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya