alexametrics

Siswa SD di Jepara Panjat Tiang Bendera saat Upacara Hardiknas

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, JEPARA – Aksi heroik ditunjukkan oleh Rahmat Afrian Nizar, siswa SDN 1 Gelang, Kecamatan Keling, Jepara. Siswa itu nekat memanjat tiang bendera untuk memasangkan tali yang terlepas ke ujung tiang.

Video aksi siswa tersebut viral di media sosial. Nampak dalam video tersebut, siswa berseragam pramuka memanjat tiang bendera sambil membawa tali naik ke atas. Sedangkan para guru dan siswa lain membantu dan melihat aksi siswa tersebut.

Diketahui aksi itu terjadi di SDN 1 Gelang, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara saat upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional Jumat (13/5). Kurang dari satu menit, siswa itu berhasil memanjat dan memasangkan tali ke ujung tiang bendera.

Baca juga:  Sehat Diri dan Lingkungan, Cegah Virus

Putri Ayuningtyas, guru kelas VII SDN 1 Gelang mengungkapkan, upacara Hari Pendidikan Nasional di sekolahnya semula berjalan normal. Siswa dan guru mengikuti upacara sampai proses pengibaran bendera.

Saat bendera dinaikkan dan sampai di tengah tiang, tiba-tiba tali lepas. Seketika, Rahmat Afrian Nizar, siswa Kelas IV itu langsung lari ke arah tiang bendera. ”Kebetulan anak ini memang pandai memanjat. Ibu dan kakeknya juga guru di sini, jadi ya diizinkan memanjat,” jelasnya.

Semua guru yang mengikuti upacara sempat panik ketika tali lepas dan bendara merah putih turun. Namun setelah berhasil Rahmat memanjat dan memasangkan tali, mereka langsung menyambutnya dengan tepuk tangan.

Qomariyatun, Kepala SDN 1 Gelang sempat bertanya ke Nizar berulang kali apakah bisa memanjat tiang bendera. Karena sangat berbahaya. “Bisa Le? saya tanya terus. Saya tidak memberi perintah. Anaknya inisiatif sendiri,” ungkapnya.

Baca juga:  Penjual Miras Oplosan yang Tewaskan Dua Orang di Jepara Ditetapkan Jadi Tersangka

Nizar dua kali memanjat tiang bendera. Yang pertama tali gagal dimasukkan ke pengait. Barulah yang kedua, siswa yang juga komandan kompi II saat upacara itu berhasil memasukkan tali ke pengati di ujung tiang bendera. (nib/lid)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya