31 C
Semarang
Sabtu, 1 April 2023

PPS Harus Siap Menjaga Integritas

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Posisi panitia pemungutan suara (PPS) dalam tahapan pemilu sangat strategis. Karena itu, anggota PPS diminta untuk tetap berpegang pada integritas.

Ketua  Bawaslu Demak  Khoirul Saleh mengatakan, pelantikan dan pengambilan sumpah 747 anggota PPS se Kabupaten Demak  tidak hanya berhenti pada ranah teknis. Namun, kesiapan mental  juga harus diperhatikan.  “PPS harus siap menjaga integritas,” katanya.

Hal ini akan terus disuarakan  sebagai antisipasi terjadinya pelanggaran ataupun sengketa proses pemilu 2024 nanti. Dalam proses perekrutan PPS tersebut, Bawaslu telah menemukan  pengurus partai politik yang luput dari seleksi administrasi pendaftaran PPS.

Baca juga:  PPS Harus Memiliki Daya Tahan Hadapi Ancaman

“Meski temuan ini sudah ditindaklanjuti KPU  Demak setelah menerima saran perbaikan Bawaslu, namun bukan berarti tidak ada kemungkinan  temuan senada,” ujarnya.

Bawaslu telah memetakan titik titik rawan dalam setiap tahapan  pemilu. Hasil dari pemetaan itu ditindaklanjuti dengan berbagai pencegahan, baik melalui koordinasi, sosialisasi maupun imbauan.  “Kami ramah dalam berkolaborasi, namun akan tetap tegas dalam penindakan,” tambahnya. (hib/fth)

Reporter:
Wahib Pribadi

Baca artikel dan berita terbaru di Google News


Artikel Terkait

Sementara Itu ..

Terbaru

Populer

Menarik

Lainnya