24 C
Semarang
Minggu, 29 Januari 2023

Tol Semarang–Demak Seksi 2 Siap Beroperasi, Tinggal Menunggu Penetapan Tarif dari Kementerian PUPR

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terus mempercepat pembangunan jalan tol Semarang–Demak. Terutama di seksi 2 (Km 448+994–Km 465+000) ruas Sayung–Demak sepanjang 16,31 km di Semarang, Jawa Tengah.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan, tol Semarang–Demak memiliki panjang 26,40 km. Dibangun dalam 2 seksi melalui skema kerja sama badan usaha dengan pemerintah (KPBU).

Seksi 1 untuk ruas Semarang/Kaligawe–Sayung sepanjang 10,39 km merupakan porsi pemerintah dengan alokasi anggaran dari APBN sebesar Rp 10 triliun.

’’Kemudian, untuk seksi 2 ruas Sayung–Demak sepanjang 16,01 km merupakan porsi BUJT dengan nilai investasi Rp 5,934 triliun,’’ ungkapnya.

Menurut Basuki, kehadiran jalan tol yang terhubung dengan area produktif seperti kawasan industri, pariwisata, bandara, dan pelabuhan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing.

Baca juga:  Lama di Liga Malaysia, Ini Sosok Ian Andrew, Pelatih Anyar PSIS

Sementara itu, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, saat ini pembangunan tol Semarang–Demak seksi 2 ruas Sayung– Demak telah selesai. Tim evaluasi juga telah melaksanakan evaluasi laik fungsi.

’’Secara administrasi, teknis, dan sistem operasi, jalan tol Semarang–Demak seksi 2 ruas Sayung– Demak dinyatakan laik fungsi sehingga siap dioperasikan untuk umum,’’ ucapnya.


Baca artikel dan berita terbaru di Google News


Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Menarik

Artikel Menarik Lainnya