26 C
Semarang
Selasa, 6 Juni 2023

Hasil Lengkap Pilkades Serentak di Kabupaten Demak, 76 Petahana Tumbang, 43 Terpilih Lagi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, DEMAK—Pemilihan kepala desa (pilkades) di Kabupaten Demak telah dilaksanakan Minggu (16/10) lalu. Hasilnya, dari 119 kepala desa petahana yang maju, hanya 43 yang terpilih kembali.

Sedangkan 76 kades petahana tumbang. Pilkades serentak di Kabupaten Demak digelar di 182 desa. Itu artinya, sebanyak 139 desa bakal dipimpin kepala desa baru.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan KB (Dinpermades P2KB) Kabupaten Demak Taufik Rifai melalui Sekretaris Dinpermades Edy Purwanto menyampaikan, pihaknya hingga kini masih melakukan analisis terkiat fenomena tersebut. “Ini baru dianalisa,” katanya.

Pada saatnya juga akan dilakukan evaluasi secara menyeluruh pelaksanaan pilkades pada Minggu (16/10) lalu tersebut.

Edy menambahkan, setelah tahapan pemilihan tersebut, kini Dinpermades sedang mempersiapkan pelantikan bagi kades yang terpilih.

“Yang jelas, kami juga mengimbau agar kades yang terpilih segera melakukan rekonsiliasi dengan yang kalah. Kalau istilah Jawa, yang menang ojo umuk, yang kalah ojo ngamuk. Dengan demikian, situasi tetap kondusif,” ujarnya.

Sejumlah pilkades, yang calon petahananya keok, seperti di Kecamatan Mranggen. Ada tiga desa yang kades petahana maju, namun tumbang. Yakni, di Desa Banyumeneng, kades petahana Muntoha kalah suara dengan Muhamad Ajib Wahyudi.

Di Desa Mranggen, Abdul Cholis mengungguli calon petahana Kemat Arifin. Sedangkan di Desa Brumbung, Sugin terpilih menjadi kades setelah unggul suara dari calon petahana Akhib Musadad.

Di Kecamatan Karangawen, incumbent yang kalah Imam Syafii (Desa Wonosekar), Asrori (Desa Margohayu), Muhamad Sodik (Desa Tlogorejo), dan Joko Sulistiyo (Desa Bumirejo).

Di Kecamatan Guntur, petahana yang keok, Mukhlas (Desa Banjarejo). Di Kecamatan Sayung, incumbent yang kalah, Muttakin (Desa Dombo), Subkhan (Desa Prampelan), Munawir (Desa Sayung), Khamdun (Desa Sidorejo), dan Haryono (Desa Banjarsari).

Bersambung ke hasil pilkades di Kecamatan Karangtengah

Reporter:
Wahib Pribadi

Baca artikel dan berita terbaru di Google News


Artikel Terkait

Sementara Itu ..

Terbaru

Populer

Menarik

Lainnya