alexametrics

Kembangkan Usaha BUMDes, Launching Kolam Pemancingan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Berbagai upaya dilakukan dalam mengembangkan usaha badan usaha milik desa (BUMDes). Seperti yang dilakukan BUMDes Al Failani Jaya, Desa Pilangwetan, Kecamatan Kebonagung. BUMDes ini melaunching usaha kolam pemancingan ikan.

Launching dihadiri langsung Kepala Dinpermades P2KB Pemkab Demak, Taufik Rifai didampingi Plh Kepala Desa Pilangwetan, Anis Amala, Kabid PUE dan KP Fadholi, Koordinator TAPM Zainal Muttaqin dan Ketua BUMDes Al Failani Jaya, H Mashuri.

Turut hadir dalam acara tersebut, pemerintah Kecamatan Kebonagung dan jajarannya, TPP Kementerian Desa dan PDT, TAPM PD, dan PLD. Acara pembukaan disertai doa bersama serta ditandai tabur ikan siap pancing di kolam pemancingan. Juga diselingi giat ramah tamah.

Baca juga:  Gerakkan Ekonomi Desa lewat Bumdes

Ketua BUMDes Al Failani, H Mashuri menyampaikan, BUMDes yang dipimpinnya itu memiliki sejumlah kegiatan unit usaha. Antara lain, perdagangan, wisata, kios desa, rumah makan dan pengadaan air bersih.

Menurutnya, hasil usaha telah memberikan kontribusi bagi APBDes Pilangwetan tahun anggaran 2022 senilai Rp 36 juta. Adapun, sarana prasarana dibangun di atas lahan desa bersumber dari dana desa (DD).

Yaitu, tahun anggaran 2019-2022 sebesar Rp 747 juta. Dana itu digunakan untuk pembangunan toko desa 11 unit. Kemudian, sarana dan prasarana air serta kolam pemancingan ikan.

“Harapan kami ke depan adalah adanya peran dan kontribusi dari semua pihak yang ada di semua tingkatan dalam rangka mengembangkan usaha BUMDes ini,”katanya.

Baca juga:  Suasana Kafe BUMDes Kulu Tarik Perhatian Fadia - Ashraff

Kepala Dinpermades P2KB Pemkab Demak, Taufik Rifai mrnyambut baik kreatifitas BUMDes Al Failani Jaya tersebut. “Ini bisa menjadi percontohan bagi BUMDes yang lain. Intinya adalah mau bergerak dan kreatif serta inovatif,”katanya. (hib/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya