alexametrics

Galakkan Monitoring, Antisipasi Kerawanan Pilkades Baleromo Dempet

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Guna mengantisipasi kerawanan dan permasalahan yang terjadi dalam pemilihan Kepala Desa secara serentak, Forkopincam Kecamatan Dempet melaksanakan monitoring dan evaluasi persiapan pelaksanaan Pilkades di Desa Baleromo.

Kedatangan Forkopincam disambut oleh Plh Kades Baleromo, Ika Dewi Wahyuning Asri, Ketua Panitia Pilkades Subiyanto, Ketua Panwas Pilkades Hasto Suryanto, Babinsa Serka Ali Mansyur dan Bhabinkamtibmas Bripka Sumarto di kantor Balai Desa Baleromo, Kecamatan Dempet.

Dalam kesempatan itu, Camat Dempet yang diwakili Sekcam Sarkawi menyampaikan, monitoring Forkopincam ke Desa Beleromo dalam rangka memberikan arahan dan penekanan terkait pelaksanaan Pilkades serentak yang akan digelar pada 16 Oktober 2022 mendatang. Selain itu, memastikan bahwa pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik dan sukses.

Baca juga:  BPKB Kecamatan Kebonagung Gelar Penyuluhan BOKB untuk Tiga Desa

Sekcam mengingatkan, menjelang tahapan kampanye pilkades, pihak yang berwenang agar segera menyiapkan jadwal kampanye yang sesuai dan teratur. Dengan demikian, diharapkan tidak ada miskomunikasi dan meminimalisir permasalahan yang akan terjadi.

“Monggo diatur yang baik. Dimusyawarahkan dengan para calon agar tidak terjadi miskomunikasi jadwal kampanye. Dan jangan lupa, pada saat pembagian jadwal kampanye dibuatkan berita acara sehingga tidak timbul masalah,”kata Sekcam Sarkawi.

Sementara itu, Danramil 04 Dempet, Kapten Inf N Pasaribu mengatakan, demi keamanan dan kelancaran pelaksanaan pilkades, panitia dan panwas harus netral. Tidak ada yang memihak salah satu calon, meskipun masih ada keterkaitan hubungan kekerabatan atau teman dekat.

Menurutnya, panitia adalah kunci dari kesuksesan pelaksanaan pilkades, khususnya di Desa Baleromo. Panitia juga diminta untuk selalu berkoordinasi dengan aparat terkait, dalam hal ini Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Dengan begitu, kerawanan dan permasalahan yang mungkin terjadi dapat diantisipasi dan dicegah.

Baca juga:  Bekali Ilmu untuk Mengabdi di Masyarakat

“Tetap jalin komunikasi antara panitia, bhabinkamtibmas dan babinsa. Ini demi mencegah sekecil apapun kejadian atau permasalahan yang mungkin bisa terjadi. Kesuksesan pilkades Baleromo tergantung dari peran saudara-saudara semua,”kata Danramil.

Seperti diketahui, hingga kini, wilayah Desa Baleromo menjadi salah satu sumbu pendek dan menjadi sorotan terkait kerawanan pelaksanaan pilkades. “Diharapkan, dengan monitoring Forkopincam dapat memberikan masukan kepada elemen yang terkait, sehingga permasalahan atau kerawanan pelaksanaan pilkades dapat berkurang,”katanya.

Kepala Dinpermades P2KB Pemkab Demak, Taufik Rifai menyampaikan, pilkades serentak dilakukan di 183 desa di wilayah Kabupaten Demak. “kita telah berkoordinasi dengan berbagai pihak agar pelaksanaan pilkades ini bisa berjalan dengan lancar,”katanya. (hib/bas)

Baca juga:  Semarakkan HUT RI, Ribuan Orang Ikuti Senam Merah Putih

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya