Saluran Irigasi Klambu Kiri Strategis untuk Pemenuhan Pasokan Air Minum

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Pemenuhan kebutuhan air menjadi prioritas dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Dinputaru) Pemkab Demak, utamanya Bidang Pengelola Sumber Daya Alam (PSDA).

Karena itu, menjaga pasokan air, baik dari Waduk Kedungombo maupun Rawa Pening juga menjadi prioritas dalam pengamanan alirannya agar sampai hingga ke wilayah Demak. Diantaranya, air disalurkan melalui jalur D1 Klambu Kiri.

Sub Koordinator Operasi dan Pemeliharaan (OP) Bidang Pengelola Sumber Daya Alam (PSDA) dan Bina Konstruksi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Dinputaru) Pemkab Demak, Suroso menyampaikan, ketersediaan air minum tidak bisa disamakan dengan kebutuhan untuk pengairan persawahan.

“Pada prinsipnya, untuk air minum itu demi kelangsungan hidup manusia. Kalau kebutuhan pangan ibaratnya bisa dibeli. Tapi, kalau air tidak ada pasokannya, maka sulit untuk kelangsungan kehidupan,”ujarnya.

Baca juga:  Bupati Demak Canangkan Desa Sadar Zakat

Untuk memenuhi kebutuhan air minum ini, maka PSDA Dinputaru selalu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait lainnya. Termasuk komisi irigasi, PDAM, Dinas Pertanian dan instansi pendukung yang lain.

Koordinasi itu diperlukan agar rencana pemenuhan kebutuhan air untuk masyarakat bisa terpenuhi secara berkelanjutan. (hib/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya