alexametrics

Dinpermades Pemkab Demak Studi Banding Pengelolaan BUMDes ke Rembang

RADARSEMARANG.ID, Demak – Dinpermades P2KB Pemkab Demak melakukan kunjungan studi banding pengelolaan dan pembinaan BUMDes ke Rembang. Studi banding bertempat di Aula BUMDes Abimantrana, Karang Jahe Kabupaten Rembang.

Studi banding dihadiri langsung Kepala Dinpermades Taufik Rifai dan para peserta lainnya baik dari rombongan Demak maupun penerima dari Rembang.

Adapun, peserta studi banding ini berasal dari TAPM P3MD Kabupaten Demak, Kasi Permas Kecamatan se-Kabupaten Demak
, dan Pelaksana Dinpermades P2KB Demak.

Acara tersebut dilaksanakan dalam rangka study banding terkait pembinaan dan pengelolaan BUMDes bersama yang dilaksanakan di Kabupaten Rembang. Khususnya BUMDes Abimantrana dengan unit usaha di bidang wisata. Yaitu, pantai Karang Jahe.

Baca juga:  Beli HP Pakai Uang Palsu, Warga Desa Betahwalang Dibekuk

Dalam acara tersebut dilaksanakan sharing dan diskusi yang bermanfaat mulai terkait sejarah berdirinya BUMDes Abimantrana serta peluang dan tantangan yang dihadapi. Kemudian, seputar pembentukan kawasan perdesaan, pembentukan pengelola kegiatan DBM Eks PNPM MPd menjadi BUMDes bersama.

“Praktik baik yang dilaksanakan di Kabupaten Rembang harapannya bisa diterapkan di Kabupaten Demak sehingga BUMDes bersama ini bisa berjalan dengan maksimal dan sesuai dengan harapan,”kata Kepala Dinpermades, Taufik Rifai.

Menurutnya, dalam mewujudkan BUMDes wisata ini diperlukan pengkajian potensi kawasan dengan memaksimalkan koordinasi TKPKP Kabupaten dengan tim kecamatan dan desa. Selain itu, melibatkan beberapa instansi dan pihak terkait untuk pembinaan, pengelolaan kawasan perdesaan dan BUMDes bersama.

Baca juga:  Perlu Riset Dampak Pembangunan Tol Demak-Semarang

“Juga, perlunya penyusunan regulasi sebagai wadah dan dasar hukum terkait pengelolaan BUMDes bersama dan pembentukan pengelola kegiatan DBM Eks PNPM MPd Menjadi BUMDes bersama,”katanya. (hib/web/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya